Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2021, 16:57 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, kucing juga bisa mengalami belek atau belekan pada matanya.

Akan tetapi, belek yang ada di sekitar mata umumnya tidak bisa dibersihkan sendiri oleh kucing sehingga memerlukan bantuan pemiliknya untuk membersihkannya. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Berbulu Panjang, Penampilannya Mewah dan Elegan

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kucing belekan. Dikutip dari kanal YouTube WookuWooku Official, Rabu (30/6/2021), berikut ini empat penyebab kucing belekan

Iritasi

Penyebab kucing belekan bisa disebabkan oleh iritasi. Sama dengan manusia, mata kucing bisa terkena debu atau kotoran sehingga membuatnya iritasi.

Kucing yang hanya mengalami iritasi sedikit saja bisa menyebabkan matanya sakit sehingga menyebabkan belekan. 

Baca juga: 7 Tanda Kucing Mengonsumsi Makanan yang Bergizi Seimbang

Kelainan pada mata

Faktor lain yang menyebabkan kucing belekan adalah adanya kelainan pada matanya. Mata normal seekor kucing harusnya tidak memproduksi cairan berlebihan.

Namun, apabila seekor kucing memiliki kelainan di matanya, ia bisa memproduksi cairan atau air mata yang berlebih, yang pada akhirnya menimbulkan belekan.

Sebagai contoh, apabila bulu mata kucing yang harusnya jatuh keluar, tetapi malah masuk ke matanya, itu bisa menyebabkan produksi air mata menjadi banyak, lalu muncullah belekan. 

Baca juga: Kucing Suka Tidur di Kaki Kita, Ternyata Ini Alasannya

Penyakit

Penyebab kucing belekan selanjutnya adalah faktor penyakit seperti chlamydia (suatu bakteri yang menyebabkan kucing sakit, khususnya pada bagian mata) dan mau flu.

Chlamydia perlu diwaspadai karena ketika penyakit ini masuk ke mata kucing, kadang-kadang kucing hanya belekan biasa saja pada hari pertama.  

Baca juga: Kucing Kutuan? Basmi dengan 6 Bahan Alami Ini

Namun, pada hari kedua, mata kucing langsung bengkak disertai belekan dengan warna yang sudah kuning, bahkan bercampur darah.

Nah, penyakit ini harus diwaspadai dan segera bawa kucing ke dokter hewan agar penanganannya tidak terlambat.

Jika terlambat ditangani, takutnya mata kucing sudah rusak sehingga berakhir dengan operasi mata, bahkan mata kucing terpaksa dikeluarkan. 

Baca juga: Benarkah Kucing Bisa Melihat di Dalam Gelap?

Cacingan

Namun, apabila kucing tidak memiliki alergi atau penyakit, tapi kerap belekan, cobalah mengingat-ingat apakah kucing sudah pernah dikasih obat cacing atau belum.

Apabila belum pernah, kemungkinan besar belekan yang terjadi pada kucing disebabkan oleh cacingan. Pada mata kucing, terdapat suatu alat atau bagian mata yang memproduksi air mata. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Warna Mata Kucing

Harusnya bagian mata kucing yang memproduksi air mata berproduksi normal. Namun, karena kucing mengalami cacingan, membuatnya memproduksi air mata secara berlebihan, yang akhirnya menyebabkan belekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com