Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda dan Bau Keringat pada Pakaian

Kompas.com - 23/07/2021, 11:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian yang memiliki noda dan bau tertentu seperti noda dan bau keringat membutuhkan bahan selain deterjen untuk menghilangkannya. Terlebih ketika noda tersebut memiliki bekas di bagian ketiak pakaian, akan sulit untuk dibersihkan.

Melansir dari Martha Stewart, Jumat (23/7/2021), terkadang bau dan noda tidak terlalu menyengat dan menempel pada pakaian setelah beberapa kali dicuci.

"Bau pada pakaian ini disebabkan oleh penumpukan deodoran yang bercampur dengan minyak tubuh dan keringat, sehingga membuat pakaian yang baru dicuci terlihat bernoda atau berbau," ujar Gwen Whiting, ahli binatu dan salah satu pendiri The Laundress.

Baca juga: Cara Mencuci dan Mendisinfeksi Pakaian Saat Isoman

Berikut ini cara menghilangkan noda keringat pada pakaian Anda. Whiting menjelaskan, sebelum menghilangkan noda, Anda harus terlebih dahulu menangani bau keringat yang menempel pada pakaian.

1. Hindari menggunakan deterjen wangi

Mungkin Anda tergoda untuk menghilangkan bau keringat pada pakaian dengan deterjen wangi, tetapi Whiting mengatakan itu akan menjadi kesalahan.

"Deterjen wangi menggunakan parfum berat untuk menutupi baunya, dan mereka tidak sepenuhnya menghilangkannya dari sumbernya," katanya.

Untuk menghilangkannya, dia merekomendasikan merendam pakaian yang bernoda dalam air terpanas yang sesuai untuk kain, dengan sebotol cuka selama 30 menit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau pada Pakaian yang Disimpan di Lemari

"Anda juga bisa menambahkan cuka beraroma ke dalam cucian untuk menghilangkan bau badan," katanya.

2. Gunakan soda kue dan cuka putih

Jika Anda tidak memiliki pasta penghilang noda, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan bahan yang ada di rumah, seperti soda kue dan cuka putih.

Untuk membuatnya, tuangkan cuka putih ke pakaian yang bernoda, kemudian tambahkan campuran soda kue dan cuka dengan bentuk pasta dan biarkan selama 30 menit. Setelahnya, cuci pakaian dengan cara biasa.

Untuk mengatasi bau yang membandel, Anda juga bisa menambahkan satu angkir soda kue atau cuka ke dalam cucian Anda dan cuci dengan siklus biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com