Kompas.com - 23/07/2021, 07:27 WIB
Ilustrasi bunga kacapiring atau gardenia. PIXABAY/BEVERLY BUCKLEYIlustrasi bunga kacapiring atau gardenia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda memiliki tanaman bunga kacapiring atau gardenia di halaman rumah, coba perhatikan dedaunannya. Apakah ada daun bunga kacapiring yang menguning?

Jika Anda menemukan ada daun bunga kacapiring menguning, maka pahamilah bahwa tanaman bunga tersebut adalah tanaman yang sensitif. Tanaman bunga kacapiring mudah terpengaruh perubahan suhu serta membutuhkan jumlah sinar matahari dan air yang tepat.

Dikutip dari Our Garden Works, Jumat (23/7/2021), perubahan warna daun juga dapat menunjukkan bahwa ia tidak mendapatkan cukup nutrisi dari tanah atau mengalami masalah tanaman lainnya.

Baca juga: Trik Memotong Bunga yang Tepat untuk Diletakkan di Vas

Salah satu cara alami menangani masalah daun bunga kacapiring yang menguning adalah dengan menggunakan larutan cuka. Berikut penjelasannya.

Gardenia atau bunga kacapiring adalah tanaman yang menyukai asam yang tumbuh dan berkembang di tanah dengan tingkat pH 5 hingga 6. Meskipun dapat tumbuh di tanah alkalin, bunga kacapiring mungkin menderita kekurangan nutrisi dan pertumbuhannya terhambat.

Ilustrasi tanaman bunga Gardenia. PIXABAY/LUIZ MORAIS Ilustrasi tanaman bunga Gardenia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda memiliki tanaman lain yang menyukai asam seperti azalea yang tumbuh subur di tanah di kebun, itu adalah indikasi yang baik bahwa daun yang menguning berasal dari masalah lain.

Namun, jika tanahnya terlalu basa, gardenia mungkin sulit menyerap nutrisi dari tanah dan menderita kekurangan nutrisi.

Baca juga: Daftar Bunga Terindah di Dunia, Mana Kesukaan Anda?

Kekurangan zat besi umum terjadi pada gardenia yang ditanam di tanah alkalin. Tanah alkalin dapat mengubah besi menjadi padat yang tidak dapat diserap oleh akar tanaman.

Hal ini dapat mengakibatkan klorosis besi yang merupakan proses di mana daun mulai memudar dari hijau tua menjadi kuning. Zat besi merupakan unsur hara utama yang dibutuhkan tanaman dalam menghasilkan klorofil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.