Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2021, 07:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur dapat tumbuh subur di ruang lembap, gelap, dan berventilasi buruk. Itulah sebabnya lemari pakaian kerap menjadi target umum pertumbuhan jamur.

Jamur ini pun bisa menyerang material pakaian apa pun. Akibatnya, pakaian menjadi kotor, rusak, dan tak bisa digunakan kembali. 

Baca juga: 6 Jenis Bahan dan Pakaian yang Tidak Boleh Menggunakan Pelembut

Namun, tak perlu khawatir. Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, Anda dapat dengan mudah mencegah pertumbuhan jamur di lemari pakaian.

Kuncinya, menyimpan pakaian dengan benar dan memeriksanya secara teratur dapat memastikan jamur tidak pernah memiliki kesempatan untuk masuk.

Nah, melansir dari laman Better Homes and Gardens, Minggu (18/7/2021), berikut ini tips mencegah pertumbuhan jamur di lemari pakaian

Baca juga: Penyebab Bau pada Pakaian meski Telah Dicuci dan Cara Menghilangkannya

Kondensasi

Kondensasi atau pengembunan sering terjadi karena meningkatnya tingkat kelembapan di rumah. Jamur biasanya terbentuk karena kelembapan. Penyebab terbesar dari meningkatnya kelembapan adalah kurangnya ventilasi.

Untuk meminimalkan pengembunan, pastikan lemari pakaian tidak menempel rapat ke dinding. Biasanya, pakaian, aksesori, atau sepatu yang sudah lama tidak dipakai, lebih rentan terkena jamur. Pakaian dengan material kulit adalah yang paling rentan. 

Baca juga: Simak, Manfaat Cuka Putih untuk Mencuci Pakaian

Pakaian lembap

Ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang. Sering kali saat mencuci pakaian, Anda terburu-buru untuk menyimpannya ke lemari agar tidak menimbulkan kekacauan.

Masalahnya, sebagian besar pakaian masih dalam keadaan lembap. Akibatnya, menyebabkan kelembapan di area yang tidak mendapat ventilasi atau cahaya matahari.

Untuk itu, pastikan pakaian dalam keadaan kering sebelum disimpan dalam lemari. 

Baca juga: Trik Mencuci Pakaian Putih Lama Menjadi Seperti Baru

Rapikan pakaian

Penyebab pertumbuhan jamur di lemari adalah baju yang penuh sesak dalam lemari.

Untuk mencegah pertumbuhan jamur di lemari pakaian, rapikan pakaian dan sumbangkan atau jual beberapa pakaian yang sudah tidak lagi digunakan.

Lemari pakaian yang penuh dan sesak dapat mencegah aliran udara sehingga menciptakan lingkungan ideal untuk pertumbuhan jamur. 

Baca juga: Hand Sanitizer Bisa Bersihkan Noda pada Pakaian, Begini Caranya

Gunakan alat pencegah jamur

Membersihkan lemari pakaian dari jamur adalah tugas besar yang mungkin tidak ingin dialami siapa pun.

Untungnya, ada alat yang bisa mencegah pertumbuhan jamur di lemari pakaian seperti dehumidifier portable. Anda bisa meletakkan alat tersebut di lemari pakaian. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com