Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Partisi yang Dapat Membuat Ruangan Lebih Cantik

Kompas.com - 16/07/2021, 19:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Livspace

JAKARTA, KOMPAS.com - Di rumah dengan layout terbuka, privasi adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Itulah sebabnya partisi memainkan peran penting. 

Namun, selain privasi, partisi juga menawarkan fungsi lainnya, yakni meningkatkan estetika rumah. Dengan menggunakan partisi, Anda dapat membatasi dua area berbeda tanpa menggunakan dinding masif yang membuat ruangan semakin sempit.

Dilansir dari Livspace, Jumat (16/7/2021), ada beberapa jenis partisi yang dapat disesuaikan dengan tema dekorasi rumah seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Serangga Pengganggu yang Hidup dalam Rumah dan Cara Membasminya

Partisi kayu

Bilah kayu dapat memberikan ruang tampilan yang hangat meski membatasi area. Anda dapat memilih partisi bilah kayu yang memiliki jarak dekat satu sama lain untuk privasi yang lebih baik.

Bahkan Anda bisa mengecat balok kayu atau hanya menambah ukurannya untuk memberikan sentuhan mewah. 

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Ruangan Tetap Dingin Setelah AC Dimatikan

Partisi kaca 

Kaca bekerja sangat baik dalam menciptakan batas sambil menjaga estetika visual tetap ringan. Ini adalah pilihan bagus di rumah dengan pencahayaan sedikit karena memungkinkan aliran cahaya alami menjadi lancar di dalam ruangan..

Partisi metalik 

Sentuhan gloss dapat meramaikan semangat sebuah ruangan. Partisi dengan warna metalik dapat memberikan nuansa lebih mewah di dalam ruangan. Pilih bentuk partisi yang sesuai dengan tema rumah. 

Baca juga: 6 Cara Mendinginkan Ruangan Saat Musim Panas  

Partisi rak buku 

Selain bentuk partisi yang biasanya, Anda juga bisa menggunakan rak buku sebagai partisi. Selain menjadi partisi, rak buku ini bisa diletakkan berbagai aksesori lainnya seperti bingkai foto..

Setengah dinding dan kaca 

Bagi mereka yang tidak dapat memutuskan antara dinding dan partisi, ide ini sangat ideal. Partisi setengah dinding dengan panel kaca bening dapat berfungsi baik jika tidak ingin menutup semua area. 

Baca juga: Tips Meningkatkan Kualitas Udara dalam Ruangan

Partisi kaca lukis 

Menggunakan partisi kaca adalah cara bagus untuk menentukan batas sambil menjaga atmosfer tetap terang dan lapang. Alih-alih memilih partisi kaca sederhana, Anda bisa mendapatkan panel kaca yang dicat untuk ruang tamu terbuka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com