Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2021, 08:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan neon tetra adalah ikan hias yang cantik untuk dipelihara. Ikan ini penuh warna, menyenangkan untuk dipandang, dan mudah dipelihara.

Ikan neon tetra akan hidup dengan lebih baik jika ditempatkan dalam gerombolan, minimal sepuluh ekor dalam satu akuarium. Anda tak perlu khawatir akuarium akan penuh karena ukuran ikan neon tetra tidak akan sangat besar.

Jika Anda memelihara ikan neon tetra namun ukuran tubuhnya tidak besar seperti yang diharapkan atau menurut Anda terlalu kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Bahaya Memberikan Ikan Cupang Makan Berlebihan

Dikutip dari Betta Care Fish Guide, Sabtu (10/7/2021), berikut informasi mengenai ukuran tubuh ikan neon tetra dan cara membuat ukuran ikan neon tetra lebih besar.

Berapa ukuran tubuh ikan neon tetra yang normal?

Ikan neon tetra biasanya tumbuh rata-rata sepanjang 3 cm. Ikan hias ini memiliki kemampuan untuk tumbuh sepanjang 5 cm, tetapi itu tidak umum.

Ada juga perbedaan ukuran antara ikan neon tetra betina dan jantan. Sangat umum bagi ikan neon tetra betina berukuean lebih besar daripada ikan neon tetra jantan.

Ikan neon tetra betina juga akan memiliki perut yang agak bulat, sedangkan jantan hanya akan memiliki perut yang rata. Meskipun ikan betina lebih besar dari jantan, Anda dapat melihat ikan jantan memiliki sirip yang lebih besar.

Baca juga: 4 Tanda Ikan Mas Terlalu Banyak Diberikan Makan

Ukuran ikan neon tetra seringkali menjadi cara untuk mengetahui apakah ikan tersebut jantan atau betina.

Kapan ikan neon tetra mencapai ukuran maksimalnya?

Rata-rata ikan neon tetra akan tumbuh hingga ukuran maksimumnya dalam tahun pertama kehidupan mereka. Dalam kebanyakan kasus, mereka akan tumbuh sepenuhnya pada saat mereka mencapai usia sembilan bulan.

Setiap ikan berbeda, sehingga mereka membutuhkan waktu lebih sedikit atau lebih lama untuk benar-benar tumbuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com