Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2021, 18:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ruangan yang paling sulit didesain adalah kamar tidur, apalagi jika kamal berukuran kecil dan banyak barang.

Dilansir dari Apartmentguide, Jumat (25/6/2021), untuk mendesain kamar tidur sempit dengan banyak barang, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat tata letak kamar tidur yang simpel dan memikirkan cara menata furnitur dengan baik agar kamar tidur terlihat lebih luar. 

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Tidur Aesthetic Low Budget

Nah, berikut ini cara menata furnitur di kamar tidur kecil agar lebih luas dan nyaman. 

Gunakan furnitur yang diperlukan 

Ada banyak hal yang bisa dimiliki di kamar tidur, tetapi Anda harus mulai dengan apa yang perlu dimiliki. Jika sudah ada banyak furnitur atau barang di kamar tidur, sebaiknya sortir barang-barang tersebut.

Pikirkan apa saja furnitur yang dibutuhkan di kamar tidur seperti meja rias, lemari, dan tempat tidur. Untuk memberikan kesan luas serta penyimpanan yang memadai, gunakan rak tinggi. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Kamar Tidur Tanpa Dipan Jadi Lebih Menarik

Gambar layout yang diinginkan

Sebelum menata furnitur di kamar tidur, sebaiknya mempertimbangkan dan menggambarkan bagaimana layout yang diinginkan. Berikan jarak antara tempat tidur dan rak atau meja rias sehingga Anda tidak sulit bergerak. 

Mulai dari tempat tidur 

Tempat tidur merupakan hal terpenting dalam kamar tidur. Untuk itu, pikirkan di mana meletakkannya agar nyaman. Hindari meletakkan terlalu dekat dengan pintu atau lemari karena dapat membuat ruang gerak terbatas. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kamar Tidur Tetap Rapi dan Teratur

Selain itu, hindari meletakkan tempat tidur di bawah jendela karena akan menghalangi cahaya alami yang akan masuk ke ruangan. 

Dari furnitur besar ke kecil

Setelah menemukan tempat terbaik untuk tempat tidur, atur segala furnitur lainnya, dimulai dengan item terbesar, lalu diikuti yang lebih kecil.

Biasanya, meja rias, kemudian meja samping tempat tidur, rak, kursi, dan apa pun yang Anda miliki. Umumnya, meja akan diletakkan di sebelah tempat tidur, lemari di dinding yang berlawanan, dan meja di sudut. Namun, ini semua bisa bervariasi.  

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang Gorden Kamar Tidur

Tempatkan karpet dengan benar 

Meski bukan item furnitur, karpet tetap menjadi komponen kunci dalam menata furnitur di kamar tidur. Perlu diingat, penempatan karpet akan tergantung pada tata letak akhir ruangan.

Karpet area ditempatkan di bawah dua pertiga bagian bawah tempat tidur sehingga menciptakan area yang nyaman untuk diinjak saat bangun dari tempat tidur pada pagi hari.

Jika tempat tidur terselip di sudut, karpet mungkin harus diletakkan di tempat lain seperti  samping tempat tidur atau di tengah bagian terbuka kamar. 

Baca juga: 5 Ide Penyimpanan di Kamar Tidur Kecil

Atur furnitur yang dimiliki terlebih dahulu 

Cara menata furnitur di kamar tidur kecil selanjutnya adalah menghindari membeli furnitur baru sampai mengatur bagian-bagian yang sudah Anda miliki.

Ketika sudah mengatur furnitur dengan baik, Anda akan mengetahui apa saja yang kurang di dalam kamar.

Jika ruang tidak memungkinkan, hindari membeli atau menambahkan barang ke kamar tidur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com