Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Onduline Indonesia Luncurkan Pelapis Antibocor Onducoat Bionic Fiber

Kompas.com - 25/06/2021, 18:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan cuaca ekstrem sangat berdampak terhadap daya tahan bangunan rumah, termasuk dinding dan lantai.

Keduanya bisa menjadi retak, lapuk, atau kerusakan di area lantai, sambungan atap yang membuat air hujan merembes ke dalam rumah. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Cat Interior

Berkaitan dengan hal itu, PT Onduline Indonesia, produsen produk atap ramah lingkungan Onduline dan Onduvilla, melalui diversifikasi bisnisnya, meluncurkan produk pelapis kedap air berbahan dasar menyerupai semen (cement based waterproofing), yaitu Onducoat Bionic Fiber.

Onducoat Bionic Fiber adalah bahan pelapis kedap air yang dirancang khusus dengan komponen serat fiber, formula inovatif yang mudah diaplikasikan dan merekat kuat terhadap beton.

Fungsi dari serat fiber tersebut adalah meningkatkan kekuatan terhadap daya tekan atau geser sehingga lebih kuat dan tidak mudah retak atau pecah. 

Baca juga: Cara Memilih Warna Keramik untuk Setiap Lantai di Ruangan Rumah

Technical Manager Onduline Indonesia, Stevanus Iwan Setiawan, menjelaskan, Onducoat Bionic Fiber masuk dalam kategori cementitious waterproofing (komposit semen dan cairan) serta berteknologi serat bionic sebagai penguat daya rekat dan ketahanan tekan tinggi sehingga cocok digunakan untuk waterproofing lantai dan dinding.

“Onducoat Bionic Fiber tidak beracun dan tidak korosif sehingga aman diaplikasikan pada beragam area basah seperti lantai dan dinding bagian dalam atau interior yang tidak langsung terpapar hujan dan panas, kamar mandi, dapur, balkon, dak beton," ujar Iwan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/6/2021).  

Baca juga: 5 Cara Menjaga Cat Kamar Mandi Tidak Cepat Mengelupas dan Tahan Lama

Selain itu, bisa diaplikasikan di area terendam seperti ground water tank, basement, kolam renang, kanal, dan bendungan.

Iwan menambahkan, karena dilengkapi perekat fiber, pelapis kedap air Onducoat Bionic Fiber sangat tepat digunakan dalam proses pembangunan karena sifatnya lebih preventif.

“Sejak bangunan itu dibangun, bahkan sebelum diaci dan dicat, sebaiknya bidang sudah dilapisi Onducoat Bionic Fiber." 

Baca juga: Cara Membuat Kolam Ikan Sendiri di Area Taman Rumah

Fungsi Onducoat Bionic Fiber membuat bidang atau beton lebih solid karena bahan waterproof sudah menempel sejak awal sehingga menjadi kesatuan yang homogen.

"Nantinya, kalau beton atau bidang tiba-tiba retak, Onducoat Bionic Fiber tidak ikut retak karena masih diikat komponenserat yang bentuknya mirip sarang laba-laba, perannya sebagai penguat ikatan mortar,” terangnya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Bak Kamar Mandi Keramik dengan Cepat dan Praktis

Dua komponen dalam satu wadah 

Onducoat Bionic Fiber dijual dalam satu paket berisi bubuk semen dan larutan cair. Produk hanya dipasarkan dalam satu tipe packaging, yaitu satu pail dengan volume 16,8 kilogram terdiri atas bubuk 12,34 kilogram dan larutan cair (liquid) 4,46 kilogram.

Dalam satu pail, terdapat dua bungkus liquid (2,23 kilogram/bungkus) dan dua bungkus bubuk (6,17 kilogram/bungkus). 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Menambah Kebahagiaan di Rumah

Untuk pengaplikasiannya, mirip dengan metode aplikasi cat tembok. Awalnya, permukaan harus rata, lembap, serta bebas dari segala kotoran seperti puing, debu, dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com