Kompas.com - 23/06/2021, 22:45 WIB
Ilustrasi tanaman cabai, bunga cabai. SHUTTERSTOCK/NAZARUK NAZARIlustrasi tanaman cabai, bunga cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com—Merawat tanaman cabai memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Tanaman cabai bisa saja terserang hama maupun penyakit yang membuatnya tak bisa berbuah dan harus mati bahkan sebelum menunjukkan tanda-tanda akan berbunga. 

Salah satu masalah yang juga sering dihadapi oleh cabai adalah kerontokan bunga. Meskipun ini adalah reaksi alamiah, beberapa hal bisa kamu lakukan untuk mencegah rontoknya bunga pada tanaman cabai.

Berikut adalah beberapa penyebab rontoknya bunga cabai dan bagaimana cara menghadapinya seperti dilansir dari Agrifarming, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Tips Jitu Menanam Cabai di Musim Hujan

1. Suhu

Pada tanaman cabai yang ditanam di pekarangan, cuaca ektrim seperti suhu yang terlalu panas atau hujan yang terus-menerus, tidak bisa dihindari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bunga cabai bisa saja rontok karena terlalu panas. Untuk mengatasinya, kamu bisa meletakkan cabai pada lingkungan yang redup dan hanya terkena sinar matahari pagi hingga siang.

Atau, kamu juga bisa menggunakan paranet di atas tanaman jika memang dirasa terlalu panas. Paranet akan melindungi tanaman dari panas, namun tidak akan membuatnya kehilangan sinar matahari sepenuhnya.  

2. Kelembaban

Sama seperti suhu ekstrem, kelembapan adalah faktor lain yang sulit dikendalikan. Namun kamu masih bisa mengatasinya dengan mengontrol jadwal penyiraman agar tanah tidak menjadi terlalu lembap yang akan menimbulkan penyakit jamur pada tanah.

Baca juga: Simak, Begini Cara Membasmi Serangga pada Tanaman Cabai

 

3. Penyerbukan yang tidak tepat

Jika suhu dan tingkat kelembapan berada dalam kisaran yang ideal tetapi bunga cabai masih saja gugur sebelum berbuah, ini mungkin terjadi karena penyerbukan yang tidak tepat.

Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan penyerbukan manual yang bisa dilakukan dengan

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X