Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Baking Soda untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 19/06/2021, 15:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda atau soda kue alias natrium bikarbonat tidak hanya merupakan bahan masakan. Baking soda merupakan bahan serbaguna, yang dapat digunakan sebagai pembersih, penghilang bau, hingga bermanfaat bagi tanaman.

Nah, salah satu manfaat baking soda untuk tanaman adalah sebagai fungisida yang efektif dan aman untuk pengobatan embun tepung dan beberapa penyakit jamur lainnya.

Namun demikian, apa saja sebenarnya manfaat baking soda untuk tanaman dan cara menggunakannya? Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (19/6/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: 4 Macam Bau pada Pakaian yang Bisa Dihilangkan dengan Baking Soda

Apakah baking soda baik untuk tanaman?

Tampaknya baking soda tidak membahayakan, tetapi juga bukan obat ajaib untuk mawar yang terkena jamur. Baking soda sebagai fungisida tampaknya mengurangi efek penyakit jamur pada tanaman hias dan sayuran umum.

Ilustrasi baking soda atau soda kue.PIXABAY/AZZARYIATUL AMAR Ilustrasi baking soda atau soda kue.

Studi terbaru membingungkan efisiensi penggunaan barang rumah tangga biasa ini. Senyawa tersebut tampaknya mencegah beberapa serangan spora jamur tetapi tidak membunuh spora.

Menggunakan semprotan cairan baking soda untuk tanaman

Banyak percobaan telah dilakukan untuk mempelajari efek semprotan baking soda pada tanaman. Organisasi ATTRA, yang membantu petani pedesaan dan pertanian dengan masalah produksi umum dan informasi tanaman, menerbitkan serangkaian temuan dari uji coba di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, baking soda pada tanaman memiliki efek menguntungkan dalam mengurangi spora jamur.

Baca juga: Ampas Kopi Lebih Ampuh Hilangkan Bau Kulkas daripada Baking Soda?

Namun, natrium dapat membakar daun, akar, dan bagian tanaman lainnya. Selain itu juga dapat tinggal di tanah dan mempengaruhi tanaman selanjutnya.

Tidak ada penumpukan serius yang ditemukan, dan EPA telah membersihkan natrium bikarbonat sebagai aman untuk tanaman yang dapat dimakan.

Menggunakan baking soda untuk tanaman

Konsentrasi soda kue terbaik adalah larutan satu persen. Sisa larutan dapat berupa air, tetapi penutup pada daun dan batang lebih baik jika minyak hortikultura atau sabun ditambahkan ke dalam campuran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com