Kompas.com - 14/06/2021, 12:44 WIB
Ilustrasi bantal. FREEPIK/MRSIRAPHOLIlustrasi bantal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dekorasi dan penataan di area kamar tidur, membersihkan kasur, selimut, serta area kamar tidur menjadi faktor yang penting untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman.

Beberapa orang mengira dengan membersihkan area tempat tidur seperti seprai, dan kasur sudah cukup, namun kenyataanya ada hal yang sering kali dilupakan oleh banyak orang, yakni mencuci bantal.

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (14/6/2021), bantal dapat menampung campuran serangga, kulit mati, tungau debu serta kotorannya. Sehingga, penting untuk memastikan bahwa bantal terbebas dari hal tersebut dengan mencucinya dengan teratur.

Baca juga: Ternyata, Ini 6 Manfaat Menggunakan Sarung Bantal Sutra

Lantas, bagaimana caranya mencuci bantal? Simak ulasannya berikut ini.

Cara mencuci bantal

Sebagian besar bantal, termasuk yang diisi dengan kapas, bulu halus, dan isi serat, dapat dibersihkan di mesin cuci menggunakan air hangat dengan siklus lembut, tetapi lebih baik membaca label untuk petunjuk pembersihan terlebih dahulu.

Misalnya, bantal busa adalah salah satu jenis umum yang tidak boleh masuk ke mesin cuci karena sistem pembersihkan di mesin cuci yang terlalu keras dan cenderung merusak bantalannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun demikian, bantal busa dapat dibersihkan di rumah menggunakan metode lain. Anda dapat mencuci penutup yang dapat dilepas (jika ada) sesuai dengan petunjuk pembersihan pada label.

 

Baca juga: Cara Membersihkan Aneka Noda di Sarung Bantal Sofa Berbahan Kanvas

Untuk membersihkan busanya, gunakan penyedot debu untuk menghilangkan kotoran atau debu yang ada di bantal.

Seberapa sering harus mencuci bantal?

Bantal memiliki masa tenggang lebih lama dalam pencucian, setidaknya, bantal harus dicuci dengan baik setiap enam bulan sekali.

Untuk memastikan bantal Anda selalu dalam kondisi terbaiknya, pertimbangkan untuk mencucinya setidaknya setiap tiga bulan atau empat kali setahun.

Adapun untuk sarung bantal, cucilah bersama dengan seprai, yang seharusnya menjadi rutinitas pembersihan mingguan.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X