Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Menarik Kucing Maine Coon yang Bertubuh Besar

Kompas.com - 22/05/2021, 14:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila kamu pencinta kucing sejati, mungkin sebutan kucing Maine Coon bukanlah sebuah hal yang baru didengar.

Bagi yang belum tahu, kucing Maine Coon merupakan ras atau jenis kucing rumahan dengan ukuran tubuh paling besar di dunia dibanding ras kucing lainnya. 

Baca juga: 10 Tanda Kucing Akan Mati yang Perlu Dicermati

Sesuai dengan namanya, ras kucing ini berasal dari Maine, sebuah negara bagian di Amerika Serikat. Sama dengan ras kucing lainnya, kucing Maine Coon juga memiliki keunikan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang kucing menggemaskan ini. 

Dikutip dari kanal YouTube X Science, Sabtu (22/5/2021), berikut ini lima fakta menarik mengenai kucing Maine Coon yang sangat populer di berbagai negara. 

Baca juga: 4 Penyebab Feses Kucing Sangat Bau dari Biasanya

Ukuran tubuh besar 

Dari sekian ras, Maine Coon merupakan satu-satunya kucing peliharaan dengan ukuran tubuh paling besar. Kucing Maine Coon dewasa umumnya bisa memiliki tinggi hingga 40 sentimeter dan panjang hingga 1,2 meter.

Kucing Maine Coon jantan biasanya memiliki bobot sekitar enam sampai sembilan kilogram dan betina sekitar empat sampai enam kilogram. 

Baca juga: 3 Bagian Tubuh yang Tidak Disukai Kucing untuk Dielus

Sifat polidaktili 

Kucing Maine Coon memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili, yakni jari-jari kakinya lebih banyak dibanding kucing lainnya.

Kucing Maine Coon terlahir dengan enam jari kaki. Meski tidak lazim dan aneh, polidaktili bisa membuat kucing Maine Coon terlihat unik dan semakin menggemaskan. 

Baca juga: 5 Fakta Tentang Kebiasaan Tidur pada Kucing

Tidak takut air

Jika kucing pada umumnya sangat membenci air, hal itu tidak berlaku bagi kucing Maine Coon. Kucing ini justru sangat suka air, bahkan mahir berenang layaknya beberapa jenis anjing.

Kucing Maine Coon tidak takut air karena mantel bulunya tahan air sehingga tidak akan terganggu ketika bermain dengan air sekali pun. 

Baca juga: Ide Nama Kucing Terinspirasi dari Harry Potter, Tidak Cuma Harry

Suka cari perhatian

Kucing Maine Coon sangat suka mencari perhatian untuk memberi tahu bahwa mereka itu lebih penting daripada acara TV yang ditonton atau buku yang dibaca.

Jadi, kucing Maine Coon benar-benar akan duduk di depan TV atau dengan sengaja berbaring di atas buku yang sedang dibaca untuk menarik perhatian. Karena ukuran kucing Maine Coon yang sangat besar, tentu sangat sulit mengabaikan mereka. 

Baca juga: Tips Merawat Anak Kucing di Masa Awal Kehidupannya

Tidak suka ketinggian

Lagi-lagi, sifat atau kebiasaan dari kucing Maine Coon berbanding terbalik dengan kucing pada umumnya.

Biasanya, kucing sangat suka memanjat, baik pohon maupun atap rumah. Hal ini terjadi karena kucing suka melompat ke sana kemari sehingga sangat suka ketinggian. 

Baca juga: Alasan Kucing Suka Mengendus Semua Benda yang Berbau Tak Sedap

Namun, kucing Maine Coon tidak memiliki sifat tersebut. Mereka ternyata tidak suka dengan ketinggian. Walau pun tidak ada pembuktian secara ilmiah, kebanyakan dari pemilik kucing Maine Coon membenarkan hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com