Kompas.com - 11/05/2021, 10:44 WIB
Ilustrasi kamar tidur yang dihiasi poster. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar tidur yang dihiasi poster.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan salah satu tempat yang dibuat senyaman mungkin, karena dapat memengaruhi kualitas tidur serta kenyamanan istirahat setelah menjalankan rutinitas kegiatan sehari-hari.

Dilansir dari Apartement Therapy, Selasa (11/5/2021), selain mendekorasi ruangan, fengshui juga bisa membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman.

Feng shui sendiri adalah filosofi yang diterapkan untuk mendukung energi pikiran dan tubuh. Saat tidur, tubuh memasuki kondisi paling rentan sehingga istirahat, pemulihan, dan penyembuhan bisa berlangsung.

Baca juga: 7 Panduan Feng Shui untuk Meningkatkan Energi Positif di Kamar Tidur

Oleh karena itu, kamar tidur secara langsung berdampak pada kesehatan dan keharmonisan orang tersebut.

Berikut beberapa tips untuk mendekorasi kamar tidur menurut fengshui agar tidur lebih nyenyak.

1. Tempatkan sandaran kepala di dinding yang kokoh

Jika tempat tidur Anda saat ini diletakkan di dekat jendela, atau bahkan di tengah kamar, ubah kepala tempat tidur di dinding yang kokoh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memposisikan tempat tidur dengan cara seperti ini memungkikan pergerakan Qi (energi) untuk memastikan tidur malam yang nyenyak.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Penataan Ruangan Menurut Feng Shui

Namun, jika Anda berada di ruangan kecil dan meletakkan tempat tidur di dekat jendela adalah satu-satunya pilihan, gunakan headboard tinggi atau tirai tebal untuk melindungi diri dari energi yang masuk dari jendela.

2. Hindari posisi tempat tidur sejajar dengan pintu 

Menempatkan tempat tidur sejajar dengan pintu akan membuat aliran energi kaca yang memengaruhi kepala sehingga menyebabkan gangguan tidur.

Jika satu-satunya pilihannya adalah menempatkan tempat tidur sejajar dengan ambang pintu, Anda dapat mencoba menempatkan sesuatu seperti meja samping tempat tidur di antara tempat tidur dan pintu sebagai penyangga untuk memecah aliran energi.

3. Penempatan cermin

Seperti yang diketahui, cermin dapat memberikan kesan terang dan luas pada ruangan, namun meletakknya di tempat yang salah akan membuat energi di dalam kamar tidur tidak baik.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X