Kompas.com - 10/05/2021, 21:43 WIB
Ilustrasi membersihkan filter AC. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan filter AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan atau AC memang tidak perlu dirawat terlalu sering. Akan tetapi, penting untuk membersihkan filter AC secara teratur.

Membersihkan filter AC dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya jamur dan alergen yang terbang ke udara di dalam ruangan, yang keduanya bisa menyebabkan penyakit.

Membersihkan filter AC bukan hal yang sulit dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Dilansir dari HGTV, Senin (10/5/2021), berikut cara membersihkan filter AC dan mengapa filter AC perlu dibersihkan.

Baca juga: Betulkah Bongkar Pasang AC Bikin Cepat Rusak dan Tidak Dingin?

Mengapa filter AC perlu dibersihkan?

Ada beberapa alasan mengapa filter AC perlu dibersihkan secara berkala, berikut di antaranya.

  • Kualitas udara lebih bersih, yang akhirnya lebih sedikit alergen dan lebih sedikit debu.
  • Efisiensi unit yang lebih baik, yang menghasilkan tagihan listrik yang lebih rendah. Filter kotor membuat sistem bekerja lebih keras. Semakin keras kerjanya, semakin kurang efisien. Semakin kurang efisien, semakin besar biaya pengoperasiannya.
  • Untuk memperpanjang umur unit HVAC. Ini terkait dengan efisiensi. Semakin keras sistem bekerja, semakin cepat sistem tersebut rusak atau kepanasan.

Cara membersihkan filter AC

1. Matikan unit AC

Mematikan unit AC akan memastikan bahwa Anda tidak membiarkan udara kotor mengalir ke seluruh rumah saat filter sedang dibersihkan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ruangan Tidak Dingin Meskipun Pakai AC? Ini Penyebabnya

2. Lepaskan filter AC

Beberapa model AC dapat memiliki beberapa filter, jadi pastikan Anda memeriksa semua bagiannya.

3. Sedot filter AC

Untuk mengurangi jumlah penumpukan debu, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner tangan untuk mengangkat alergen.

Halaman:


Sumber HGTV
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X