Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2021, 07:38 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gorden yang menempel di jendela rumahmu perlu dibersihkan secara teratur untuk menjaganya tetap tampak baik dan menarik.

Entah apa pun bahannya, idealnya gorden yang kamu miliki harus dicuci setiap 3-6 bulan disertai pembersihan mingguan menggunakan penyedot debu.

Terkait mencuci gorden, mungkin ini tampak seperti salah satu tugas rumah tangga yang rumit, tapi kenyataannya itu lebih mudah dari yang kamu pikirkan.

Baca juga: Seberapa Sering Gorden Harus Dibersihkan?

Menyisihkan waktu untuk membersihkan gorden akan membuatnya lebih tahan lama. Jika kamu tidak atau jarang membersihkannya, serat kain di gorden bisa membusuk, artinya kamu harus membeli yang baru.

Agar gorden milikmu terlihat seperti baru lagi, ikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini yang akan sangat memudahkanmu untuk mencuci gorden, dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (1/5/2021).

Jaga gorden dalam kondisi prima

1. Pilih hari yang cerah dan hangat untuk memastikan gorden mengering di udara terbuka setelah melewati siklus pencucian yang lembut.

2. Jika kondisi cuaca mendukung, lepas gorden beserta semua kait dan pemberat gorden. Setelah itu kibaskan gorden untuk menghilangkan debu.

Baca juga: Kapan Kamu Perlu Mengganti Gorden di Rumah?

3. Rendam gorden dalam air dingin. Lalu cuci dengan hati-hati, sesuai jenis kainnya. Jika mencucinya dengan tangan, pastikan detergen benar-benar larut sebelum merendam gorden. Jangan digosok atau diperas.

4. Bilas sampai bersih. Peras air sebanyak mungkin, atau gunakan mesin cuci dengan putaran singkat.

Jika menggunakan mesin cuci, periksa petunjuk perawatan gorden yang kamu miliki. Jika tidak ada, gunakan program mencuci untuk bahan halus.

5. Jemur gorden di tempat hangat dan cerah tapi tidak langsung terpapar sinar matahari. Kamu tidak perlu menjemur sampai kering, hanya sampai lembab saja.

6. Setrika gorden saat masih lembap. Lalu segera gantung gorden kembali agar tidak kusut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com