Kompas.com - 10/04/2021, 10:43 WIB
Ilustrasi tanaman hias di balkon apartemen. UNSPLASH/IVAN ZONGIlustrasi tanaman hias di balkon apartemen.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tanah menjadi salah satu elemen penting dalam merawat tanaman, namun sebenarnya Anda bisa merawat tanaman tanpa menggunakan tanah melainkan hanya menggunakan vas dan air.

Cara yang dikenal dengan metode hidroponik ini juga memudahkan seseorang yang ingin merawat tanaman tanpa repot dan kotor di dalam rumah.

Dilansir dari Apartment Therapy, Sabtu (10/4/2021) ada beberapa tanaman hias dan herbal yang dapat ditanam menggunakan metode ini, yakni hanya membutuhkan vas berisi air.

Baca juga: Tips Aman Membeli Tanaman Hias Secara Online Menurut Praktisi

Dalam metode ini, untuk tumbuh, tanaman membutuhkan air, oksigen, nutrisi, dan beberapa dukungan untuk menjaga dirinya tetap tegak.

Tanaman hias tradisional mendapatkan dua kebutuhan terakhir yang dipenuhi oleh tanah.

Metode ini sepenuhnya menghilangkan penyebab utama kematian tanaman hias yakni terlalu banyak dan kurang air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanpa tanah, tanaman Anda juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menghadapi penyakit atau masalah hama. Plus, perawatan harian dikurangi menjadi air isi ulang sebulan sekali.

Baca juga: Manfaat dan Cara Merawat Tanaman Hias Lidah Mertua

Air faktor utama

Untuk menanam dengan metode ini, pilih tanaman yang Anda tahu akan berakar di dan potong bagian tepat di bawah daun, tempat hormon perakaran alami tanaman aktif.

Saat potongan masih segar, letakkan ruas tanaman dalam wadah kaca berisi air. Pilih wadah dengan leher lebih tipis yang akan menopang batang tanaman.

Karena tanaman baru akan menerima semua nutrisinya dari air, jenis air adalah kuncinya di sini.

Gunakan mata air kemasan atau air sumur daripada air keran, yang sering kali kehilangan nutrisi karena filtrasi dan klorinasi. Perhatikan tanda-tanda perakaran pada tunas tanaman Anda, yang biasanya dimulai setelah dua minggu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X