Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2021, 10:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi sebuah area yang memiliki kegiatan yang padat setiap harinya, mulai dari memasak, memanggang, dan kemudian membersihkan. Pembersihan ini harus dilakukan setiap hari dan setelah memasak makanan, agar dapur tetap bersih.

Dilansir dari Hunker, Sabtu (20/3/2021), ada beberapa solusi untuk mengatasi pembersihan area dapur ini. Pun cara ini menggunakan berbagai bahan alami yang dapat dibuat sendiri di rumah.

1. Pembersih semprot alami serbaguna

Untuk membersihkan meja dapur dan permukaan lainnya di dapur, Anda dapat menggunakan cuka dan jeruk nipis.

Baca juga: Wastafel Dapur Bau Seperti Sampah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Kedua bahan tersebut mengandung beberapa kekuatan desinfektan yang kuat dan ditambah aroma yang dapat membuat dapur Anda lebih harum.

2. Penghilang sidik jari di stainless steel

Selain itu, penyemprotan alami dengan campuran cuka dan jeruk nipis ini bisa digunakan untuk menghilangkan sidik jari di perlengkapan stailess steel.

3. Pembersih talenan

Pertama, bersihkan talenan Anda atau bilas untuk menghilangkan sisa makanan. Ini adalah langkah pertama yang baik, tetapi tidak cukup untuk membersihkan dan mendisinfeksi talenan.

Gunakan campuran serpihan sabun seperempat cangkir, setengah cangkir garam kasar, setengah cangkir soda kue, 10 tetes minyak essensial lemon, setengah lemon, cuka putih, hidrogen peroksida, dan air.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Dapur Modern yang Patut Ditiru

Lemon adalah salah satu bahan yang paling ramah untuk talenan. Gunakan buah dan minyak esensial dalam perawatan talenan.

Minyak esensial lemon tidak hanya memiliki aroma yang segar dan bersih, tetapi juga bersifat antibakteri dan antiseptik alami untuk membantu mendisinfeksi.

Campurkan bahan-bahan kering ke dalam stoples lalu tambahkan tetes minyak esensial. Simpan dalam wadah berpenutup dan taburkan sedikit di atas talenan jika diperlukan.

Gosok talenan dengan spons atau bagian daging lemon yang sudah dipotong.

Setelah dibersihkan, gunakan cuka putih dan hidrogen peroksida untuk mendisinfeksi talenan. Duo ini aman digunakan di sekitar makanan, anak-anak, dan lembut pada permukaan talenan kayu (tidak seperti pemutih).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com