Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Trik Membersihkan Rumah yang Tidak Ampuh, Apa Saja?

Kompas.com - 12/03/2021, 11:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah dan benda-benda yang ada di dalamnya adalah kewajiban rutin kita sebagai pemilik rumah. Memang, ada kalanya pekerjaan pembersihan di rumah sangatlah melelahkan.

Oleh karena itu, kini banyak produk dan inovasi pembersihan rumah yang memudahkan pekerjaan Anda. Selain itu, di internet pun sangat banyak tips dan trik membersihkan rumah yang diklaim meringankan upaya pembersihan.

Namun demikian, apakah semua tips dan trik tersebut ampuh? Kenyataannya tidak.

Baca juga: Perhatikan, 4 Cara Membersihkan Rumah yang Salah

Dilansir dari The Spruce, Jumat (12/3/2021), berikut beberapa trik pembersihan rumah yang tidak ampuh.

1. Membersihkan spons cuci piring di microwave

Seperti banyak trik membersihkan rumah lainnya, yang satu ini didasarkan pada sedikit sains. Ya, panas tinggi dapat membunuh beberapa bakteri.

Akan tetapi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa bakteri yang tersisa akan membentuk kembali spons dan berpotensi menjadi lebih kuat.

Lamanya waktu yang dibutuhkan di dalam microwave untuk mencapai suhu yang diinginkan untuk membunuh semua bakteri yang bersembunyi di tengah spons akan menghasilkan spons yang terbakar.

Baca juga: Spons Cuci Piring Juga Harus Dibersihkan, Begini Caranya

Studi baru menunjukkan, spons yang ditaruh di dalam microwave masih menyimpan sekitar 40 persen bakteri mereka, beberapa di antaranya dapat mengancam jiwa.

Pilihan yang lebih baik adalah menggunakan tisu sekali pakai, kapas, atau kain mikrofiber yang dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci setelah digunakan.

2. Tambahkan garam ke mesin cuci untuk mencegah pakaian luntur

Simpan garam untuk masakan Anda dan jangan masukkan ke dalam mesin cuci. Sebab, nyatanya memasukkan garam ke dalam mesin cuci untuk mencegah pakaian luntur tidak berhasil.

3. Gunakan hairspray untuk menghilangkan noda tinta

Ini adalah trik lama tapi bagus yang dulunya berfungsi ketika hairspray hampir 100 persen mengandung alkohol. Namun, waktu telah berubah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com