Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menggunakan Warna Gelap pada Ruangan? Simak Triknya Berikut

Kompas.com - 26/02/2021, 12:44 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti yang diketahui, jika pewarnaan dapat mengubah nuansa di dalam ruangan.

Seperti pengaplikasian warna putih akan memberikan kesan luas dan terang, sedangkan warna gelap seperti hitam, abu-abu akan memberikan efek yang cenderung gelap dan kecil.

Namun, dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (26/2/2021), warna cat gelap dapat memberikan kesan keanggunan, namun yang harus diperhatikan adalah tidak setiap warna gelap dapat memberikan efek tersebut.

Baca juga: 8 Warna Elegan untuk Dinding Dapur

Lantas, bagaimana jika ingin menerapkan warna gelap di dalam ruangan? Berikut beberapa warna gelap yang bisa diterapkan dalam ruangan.

Hitam Matte

Untuk mengaplikasikan warna hitam pada ruangan, hindari mengaplikasikan warna hitam murni atau pekat, karena akan membuat gelap ruangan. Sebagai gantinya, pilihlah warna hitam matte atau cangkang telur.

Pilih variasi seperti arang tua, biru tua atau ungu tua. Pilih wallpaper daripada cat jika diinginkan, tapi jangan gunakan apapun dengan pola kecil, yang membuat ruangan kecil terasa ramai.

Cari pola besar di dasar hitam. Tambahkan banyak warna putih pada perabotan dan aksesori Anda untuk membantu menyeimbangkan kegelapan dan menciptakan tempat perlindungan perkotaan yang mewah.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Rumah dengan Warna Hitam dan Putih

Abu-abu

Abu-abu adalah warna yang serbaguna, dan tergantung pada warna yang Anda pilih, bisa terlihat trendi. Abu-abu gelap dengan alas yang hangat seperti chinchilla atau plum grey dapat menghangatkan ruangan dan menambahkan sedikit keanggunan.

Abu-abu tua di dasar yang sejuk seperti gun-metal membuat ruangan Anda terasa muda dan menarik, terutama jika Anda memasangkannya dengan aksen berwarna cerah dalam warna hijau asam atau kuning neon.

Wallpaper abu-abu tua dengan pola beludru abu-abu tua menambah daya tarik ruangan, sementara cat abu-abu matte membuat ruangan terasa intim.

Cokelat

Jika Anda ingin menciptakan ruangan yang terasa hangat dan nyaman, gunakan warna coklat. Bayangkan cokelat gelap berbasis merah seperti cokelat hitam, yang membuat ruangan terlihat berkelas.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com