Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Cara Memastikan Udara di Dalam Rumah Tetap Segar

Kompas.com - 22/02/2021, 15:31 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat udara di dalam rumah terasa pengap dan bau, hal ini tentu membuat siapapun yang berada di dalamnya menjadi merasa tak nyaman atau tidak betah.

Udara sendiri memainkan peranan penting pada sebuah bangunan rumah, yang mana sirkulasi udara yang baik dapat menjauhkan suasana gerah dan panas di dalam rumah.

Untuk memastikan udara di dalam ruangan rumah tetap terasa segar yang membuat penghuninya nyaman, terdapat beberapa cara untuk mewujudkannya, dilansir dari beberapa sumber, Senin (22/2/2021). 

Baca juga: Cara agar Udara di Dalam Rumah Tidak Kering

1. Lepaskan sandal dan sepatu di dalam ruangan

Pastikan kamu melepas sepatu sebelum memasuki ruangan dalam rumah untuk menghindari membawa bahan kimia, serbuk sari, debu dan kotoran lain dari luar ruangan ke dalam rumahmu.

2. Larangan merokok di dalam ruangan

Jangan pernah biarkan seseorang di rumahmu atau orang lain yang datang berkunjung ke dalam rumahmu merokok di dalam ruangan.

Asap rokok yang dikeluarkan oleh orang yang merokok dapat meninggalkan jejaknya di dinding, tirai, dan perabotan lainnya untuk waktu yang lama.

Baca juga: Cara agar Kualitas Udara di Rumah Terjaga dengan Baik

Katahuilah bahwa asap rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia, beberapa di antaranya bersifat karsinogenik yang sangat berbahaya.

3. Jauhkan pengharum ruangan

Mungkin kamu tergoda untuk menyemprotkan penyegar ruangan untuk menyambut tamu di rumah yang wangi atau bahkan untuk meredam bau dari luar ruangan.

Tetapi, menghirup bahan kimia dalam aerosol dapat menyebabkan masalah kesehatan jantung yang dapat berakibat fatal seiring waktu.

Penyegar udara mengandung ftalat yang dikenal sebagai pengganggu endokrin. Ini sangat berbahaya bagi bayi dan anak-anak yang sistem endokrinnya belum berkembang sepenuhnya. Sebagai gantinya, gunakan minyak esensial untuk pengharum ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com