Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2021, 07:22 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki karpet berarti harus bersedia membersihkannya secara berkala agar membuat karpet selalu bersih dan wangi.

Namun, permasalahan datang saat di rumah ada hewan peliharaan yang sering keluar masuk ruangan, serta noda atau kotoran yang menempel di atas karpet.

Dilansir dari The Spruce, Senin (15/2/2021), daripada mencari pembersih karpet konvensional, Anda bisa membuat pembersih serta pewangi alami yang bisa dibuat sendiri.

Baca juga: Begini Cara Menata Ruangan agar Lebih Luas dengan Karpet

Untuk membuat pewangi karpet ini, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan dan bahan yakni mangkuk berukuran sedang, sendok plastik, kaca, wadah penyimpanan kedap udara, 1 cangkir soda kue, dan 12 tetes minyak essensial lavender.

Campurkan bahan

Untuk membuatnya, tambahkan minyak esensial dan soda kue dalam mangkuk, pastikan tetesannya menyebar ke seluruh campuran secara merata. Kemudian aduk rata dengan sendok nonlogam untuk memastikan semua gumpalan pecah.

Yang harus diketahui, minyak esensial dapat bereaksi dengan logam. Jika campuran sudah merata simpan campuran dalam wadah kedap udara, sebaiknya yang terbuat dari kaca.

Untuk menggunakannya, kocok campuran tersebut dengan lembut dan merata di seluruh permukaan permadani atau karpet Anda. Biarkan selama 15 menit hingga sehari. Sedot debu dengan baik.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Karpet

Selain lavender

Jika Anda bosan dengan lavender dan ingin mengubahnya sedikit, coba campurkan dengan teh, lemon, jeruk, atau peppermint.

Beberapa minyak bagus lainnya yang bisa dicoba termasuk minyak beraroma citrus, seperti bergamot dan grapefruit, minyak wangi kayu, seperti cypress, dan minyak herbal seperti chamomile dan rosemary.

Dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin akan menggunakan setidaknya 50 persen lavender untuk aromanya, karena banyak minyak esensial lainnya bisa sangat kuat dan dapat mengalahkan lavender. Jadi, mulailah dengan menambahkan hanya beberapa tetes dan modifikasi sesuai kebutuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com