Kompas.com - 27/01/2021, 07:07 WIB
Ilustrasi panel surya. SHUTTERSTOCK/FOXBATIlustrasi panel surya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Energi ramah lingkungan semakin digaungkan dan menjadi populer dengan cepat, dan panel surya adalah salah satu pilihan ramah lingkungan untuk sumber listrik terbaik bagi pemilik rumah.

Sebuah panel surya adalah sekelompok sel surya dihubungkan secara elektrik, tertutup dalam bingkai, yang mengubah sinar matahari menjadi Iistrik.

Beralih ke energi matahari dengan panel surya memiliki banyak keuntungan, memungkinkanmu menghemat uang dalam urusan listrik sambil membantu menjaga lingkungan.

Baca juga: Memasang Panel Surya di Rumah, Apa Manfaatnya?

Dilansir dari Green Match, Rabu (27/1/2021), mari ketahui lebih detail mengenai panel surya dengan 10 fakta berikut ini.

1. Konsep memanfaatkan energi dari matahari bukanlah hal baru

Orang pertama yang memprediksikan hal itu mungkin menjadi kenyataan adalah Leonardo da Vinci, pada abad ke-15. Sel surya pertama dikembangkan pada abad ke-19, tetapi efisiensi tenaga surya pada saat itu hanya 1 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Energi matahari benar-benar gratis dan terbarukan

Setelah biaya awal panel surya dikeluarkan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan satu sen pun untuk Iistrik yang mereka hasilkan.

Selain itu, kamu akan mengurangi jejak karbonmu dengan menggunakan energi matahari, karena mereka benar-benar hijau dan terbarukan.

Baca juga: Seberapa Efektif Penggunaan Panel Surya? Berikut Penjelasannya

Pengguna energi surya setiap tahun menghemat sebanyak 75 juta barel minyak den 35 juta ton karbon dioksida.

Sejumlah besar daya dapat dimanfaatkan dari matahari, hanya dalam satu jam, bumi menerima Iebih banyak energi daripada yang akan dikonsumsi dalam 1 tahun penuh (sekitar 120 terawatt).

3. Terbuat dari semikonduktor

Panel surya mengandung sel surya, juga dikenal sebagai sel fotovoltaik, yang terbuat dari semikonduktor (seperti silikon) yang mengubah sinar matahari menjadi listrik.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X