Kompas.com - 21/01/2021, 20:13 WIB
Ilustrasi kucing. PIXABAY/STOCKSNAPIlustrasi kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya dengan manusia, ketika kucing peliharaan dalam keadaan yang tidak baik atau tidak sehat, mereka akan memperlihatkan tanda-tanya, misalnya muntah.

Kucing yang muntah setiap hari atau bahkan beberapa kali dalam sebulan menandakan keadaan tidak sehat. Menelan zat yang beracun atau menderita penyakit serius bisa menjadi penyebab kucing muntah.

Dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (21/1/21) kucing yang muntah memiliki beragam penyebab, sebagai berikut.

Baca juga: Kucing Muntah Air? Kenali Penyebab dan Penanganannya

1. Makan terlalu cepat

Salah satu penyebab yang membuat kucing muntah adalah makan yang terlalu banyak, dan terlalu cepat. Hal ini dapat terjadi pada kucing sehat mana pun, sehingga bisa diatasi dengan pemberian makan yang sesuai dengan takarannya.

2. Alergi makanan

Alergen makanan yang paling umum terjadi pada kucing adalah daging sapi, ikan, dan ayam. Bahan lain juga bisa menyebabkan alergi.

Untuk kucing yang memiliki alergi terhadap beberapa makanan perlu melakukan diet khusus yang mengandung bahan-bahan yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

3. Keracunan

Muntah tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh keracunan, yang merupakan keadaan darurat. Ada beberapa sumber racun di rumah antara lain obat-obatan manusia, pembersih beracun, semprotan serangga, dan semprotan halaman dan taman untuk mengendalikan gulma dan hama. 

Baca juga: 6 Jenis Kucing Berbulu Pendek, Cocok Jadi Peliharaan di Rumah

4. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus pada kucing adalah penyebab lain dari muntah. Biasanya disertai diare dan penurunan berat badan.

Penyakit ini dapat terjadi di mana saja di saluran usus kucing, termasuk lambung (gastritis), usus kecil (enteritis), atau usus besar (kolitis).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X