Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabun Cuci Piring Tidak Bisa Digunakan untuk Bersihkan Benda-benda Ini

Kompas.com - 07/01/2021, 20:24 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabun cuci piring adalah agen pembersih yang sempurna untuk membersihkan hampir semua hal, karena mereka memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda dan kotoran paling kotor.

Beragam merek sabun cuci piring dapat membersihkan minyak dan bumbu-bumbu sisa makanan dengan mudah dalam sekejap.

Akan tetapi, ada beberapa bagian atau benda di mana kamu tidak pernah dianjurkan untuk menggunakan sabun cuci piring, meski sama-sama untuk membersihkan.

Baca juga: Basmi Hama Kutu Putih dengan Air Sabun Cuci Piring

Penggunaan sabun cuci piring memang tidak dilarang untuk hal tertentu, tetapi disarankan untuk tidak menggunakannya sebagai alternatif lain di luar dari mencuci piring, gelas, dan peralatan masak yang kotor.

Kandungan sabun cuci piring mungkin tidak menyelesaikan tujuan atau memenuhi kebutuhan situasi lainnya di luar dari mencuci piring.

Setiap jenis sabun pembersih, termasuk sabun cuci piring dirancang untuk tujuan tertentu dan dapat bekerja sesuai fungsinya.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (7/1/2021), pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa hal atau benda yang tidak boleh terpapar oleh sabun cuci piring, berikut di antaranya.

Baca juga: 7 Cara agar Mencuci Piring Terasa Mudah dan Menyenangkan

1. Jangan untuk mencuci mobil dan motor

Salah satu hal yang tidak boleh dibersihkan dengan sabun cuci piring adalah mobil dan motor. Cat mobil maupun motor akan mudah terkelupas atau pudar saat dirawat dengan sabun cuci piring.

Jika kamu tidak memiliki pembersih khusus membersihkan bodi kendaraaan, gunakan saja sampo yang lembut, tetapi hindari sabun cuci piring.

2. Jangan sebagai bahan mencuci pakaian

Pakaian membutuhkan deterjen yang lebih kuat untuk menghilangkan noda yang membandel.

Kandungan sabun cuci piring agak lebih lembut dibandingkan dengan deterjen, dan mungkin itu tidak akan menghilangkan semua noda pada pakaianmu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com