Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2021, 09:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Infeksi telinga sering terjadi pada kucing. Seperti halnya pada manusia, infeksi telinga pada kucing tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman dan terkadang menyakitkan, hal ini juga bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan yang lebih signifikan.

Jika tidak ditangani, infeksi telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau masalah kesehatan lainnya.

Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (3/1/2021), infeksi telinga kucing atau otitis eksterna atau radang saluran telinga luar yang paling umum diderita oleh kucing.

Baca juga: Kucing Menggaruk hingga Bulu Rontok? Ini Penyebabnya

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan infeksi telinga pada kucing, yang umum adalah disebabkan oleh alergi, ektoparasit, benda asing yang bersarang di telinga, atau penumpukan kotoran atau bulu. Polip dan infeksi bakteri juga merupakan penyebab umum.

Tungau telinga menjadi faktor sebagian besar infeksi telinga yang terlihat pada kucing. Faktanya, tungau telinga akan menjadi salah satu hal pertama yang diperiksa oleh dokter hewan jika kucing Anda mengalami infeksi telinga.

Tungau telinga menyebabkan keluarnya cairan berwarna cokelat tua sampai hitam di telinga yang terlihat seperti bubuk kopi. Kehadiran kotoran ini seringkali menjadi indikasi pertama bahwa kucing terkena tungau telinga.

Terlepas dari penyebab infeksi telinga, tanda-tanda masalah telinga biasanya terlihat serupa.

Baca juga: Kenapa Kucing Saling Menjilati Satu Sama Lain? Ini Alasannya

Kucing dengan infeksi telinga atau masalah telinga lainnya akan menggelengkan kepala dan mengais di telinganya sehingga terlihat bulu rontok atau keropeng di sekitar wajah, telinga, dan leher kucing.

Kotoran mungkin ada di telinga dan dalam kasus yang parah kotoran terlihat pada bulu di luar atau sekitar telinga. Selain itu, telinga mungkin berbau tak sedap atau tampak memerah dan meradang.

Infeksi telinga juga dapat menyebabkan disorientasi dan cepat marah pada kucing. Jika kucing Anda bertingkah aneh, termasuk bersembunyi dalam waktu lama, ini biasanya merupakan pertanda ada sesuatu yang tidak beres.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com