Kompas.com - 05/12/2020, 12:15 WIB
ilustrasi minyak kayu putih (eucalyptus) shutterstockilustrasi minyak kayu putih (eucalyptus)

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata minyak kayu putih juga bisa membersihkan berbagai perlengkapan rumah tangga.

Dilansir dari Real Estate,  Sabtu (5/12/2020) minyak kayu putih dapat membersihkan berbagai benda di rumah seperti oven, lemari es, hingga kamar mandi.

Selain itu, wangi minyak kayu putih yang khas, dapat lebih menyegarkan benda atau area yang dibersihkan. 

Baca juga: 6 Manfaat Kondisioner Rambut, Bisa Atasi Saluran Air Mampet

Membersihkan Stainless Steel

Minyak kayu putih dapat membersihkan kotoran yang menumpuk di permukaan stainless steel, seperti yang noda di kompor, serta lemari es.

Caranya, teteskan minyak kayu putih di atas lap basah kemudian gosok di area bernoda lalu keringkan dengan kain mikrofiber bersih untuk menghindari goresan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menghilangkan Residu Lengket

Selain itu, minyak kayu putih dapat menghilangkan perekat atau residu lengket bekas stiker, terutama pada kaca. Oleskan minyak kayu putih ke area yang memiliki bekas stiker lalu gosok dan bersihkan dengan air.

Pembersih Lantai

Dengan sifat disinfektan alami, minyak kayu putih berfungsi dengan baik sebagai pembersih lantai yang ramah lingkungan.

Baca juga: Ketahui, 5 Manfaat Spons Selain untuk Mencuci Piring

Cukup tambahkan sekitar 20 tetes ke dalam ember berisi air panas lalu pel lantai seperti biasa. Selain bisa membuat mengkilap minyak kayu putih bisa membuat ruangan berbau segar.

Menghilangkan Jamur dan Lumut

Minyak kayu putih tidak hanya dapat menghilangkan jamur dan lumut yang ada, tetapi juga membantu mencegah kembalinya jamur di area yang rawan.

Tambahkan beberapa tetes minyak ke dalam secangkir air panas dan seka semua permukaan seperti lantai kamar mandi, rak lemari es, dan tempat lainnya yang memiliki kemungkinan terdapat jamur. Aroma yang kuat juga akan menghilangkan bau jamur yang tak sedap.

 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.