Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Brand Perabotan Lokal yang Raup Untung Saat Pandemi

Kompas.com - 02/12/2020, 19:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 berlangsung, masyarakat Indonesia menghabiskan jauh lebih banyak waktu di rumah.

Kondisi ini mendorong munculnya tren ritel baru, di mana semakin banyak orang merenovasi atau mendekorasi rumah agar menjadi hunian yang lebih nyaman.

Menurut riset Insights Sirclo, ada peningkatan permintaan konsisten terhadap barang-barang kebutuhan rumah sejak Februari 2020.

Baca juga: Trik Dekorasi Ruang Tamu Sempit Bergaya Minimalis

Marketplace Tokopedia, misalnya, mencatat transaksi kategori perabotan meningkat hampir dua kali lipat selama pandemi. Ini termasuk juga peningkatan penjualan melalui situs brand tersebut sendiri.

Peningkatan transaksi juga terjadi pada sejumlah brand perabotan lokal yang sudah memiliki situs bisnis, berikut 5 di antaranya.

1. Mendekor

Mendekor merupakan salah satu brand perabotan lokal yang menjunjung nilai sociopreneurship dengan memberdayakan puluhan pengrajin lokal di 9 kota Indonesia.

Selama pandemi, mereka mencatat pertumbuhan drastis, di mana penjualannya meningkat hingga 100 persen melalui transaksi online.

Baca juga: Ingin Memilih Furnitur Minimalis? Simak 5 Tipsnya

2. Megallery Homegoods

Megallery Homegoods yang berbasis di Bandung juga mengembangkan situs dengan fitur yang lebih lengkap. Jika awalnya hanya digunakan sebagai katalog, tahun ini fungsi situs Megallery telah dilengkapi dengan fitur transaksi.

Fitur ini memudahkan pembeli untuk mencari produk-produk dekorasi rumah yang mereka inginkan dengan produk Homegoods berupa karpet bertema Bohemian dan Farm House.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com