Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Dispenser Galon Bawah yang Baik dan Benar

Kompas.com - 25/11/2020, 07:37 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran dispenser galon bawah jadi salah satu pilihan bagimereka yang tak ingin repot-repot dalam urusan air minum kemasan yang ada di galon.

Dispenser galon bawah atau bottom loading dispenser berfungsi agar seseorang tidak lagi perlu capek-capek mengangkat air galon, seperti halnya pada dispenser galon atas atau top loading dispenser.

Mengangkat galon air ke dispenser galon atas tidak hanya berat, tetapi juga bisa membuat air tumpah dan tercecer di lantai, sehingga hal itu dianggap lebih berisiko.

Baca juga: 4 Pilihan Dispenser Galon Bawah, Anti Sakit Pinggang

Oleh karena itu, dispenser galon bawah dinilai lebih praktis dan memudahkan serta dianggap lebih canggih. Tampilannya dispenser galon bawah pun bisa mendukung dekorasi dapur rumah.

Bagi kamu yang memiliki model dispenser galon bawah, membersihkannya adalah hal mutlak demi menghindari berbagai macam kotoran yang menempel yang ujung-ujungnya bisa menjadi penyakit.

Untuk itu, di bawah ini terdapat tata cara membersihkan dispenser galon bawah secara baik dan benar yang dilansir dari beberapa sumber, Rabu (25/11/2020).

Cara membersihkan dispenser galon bawah

Umumnya, bagian dalam atau tangki semua jenis dispenser yang sudah dipakai lama akan sulit dibersihkan. Cara mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan memasukkan air perasan lemon ke dalam tangki dispenser.

Baca juga: Keran Dispenser Bocor? Begini Cara Memperbaikinya

Pada tahap ini, kamu perlu mengaplikasikan lemon yang sudah diiris tipis, lalu letakkan dalam wadah dan rebus dengan air hingga mendidih selama 2-3 jam.

Ketika mengganti air galon, gunakan air lemon yang sudah direbus untuk membersihkan bagian dalam dispenser, endapan kotoran akan mudah dibersihkan dan tangki dispenser akan beraroma lemon.

Tahap selanjutnya adalah membersihkan bodi dispenser menggunakan sabun pencuci piring yang dicampur dengan air.

Usapkan bagian badan dispenser dengan air campuran sabun pencuci piring menggunakan spons lembut. Setelah itu bersihkan busa yang tersisa di badan dispenser yang baru dibersihkan menggunakan lap microfiber.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com