Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Keuntungan Menggoreng dengan Air Fryer, Hemat Minyak hingga Tak Bau

Kompas.com - 18/11/2020, 19:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memudahkan kehidupan manusia, kemajuan teknologi saat ini juga ditujukan bagi kesehatan penggunanya, salah satunya air fryer.

Air fryer adalah peralatan masak modern yang digunakan untuk menggoreng beragam makanan yang digoreng, dengan sedikit ataupun tanpa minyak goreng sama sekali.

Karena kecanggihannya tersebut, air fryer dianggap jadi solusi untuk membuat makanan yang digoreng bisa lebih sehat ketika dikonsumsi karena minimnya penggunaan minyak goreng.

Baca juga: Menggoreng dengan Air Fryer, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Namun, selain membuat lebih sehat, kamu juga perlu tahu manfaat lain yang didapat ketika seseorang memasak menggunakan air fryer.

Berikut ini beberapa manfaat yang didapat saat menggoreng makanan dengan air fryer yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (18/11/2020).

1. Makanan jadi rendah lemak

Menggoreng makanan dengan cara umum biasanya membutuhkan ratusan mililiter minyak goreng. Sementara itu, air fryer hanya perlu 1 sendok makan minyak goreng.

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa kentang yang digoreng dengan air fryer mempunyai kadar lemak 70 persen lebih rendah dibandingkan kentang yang digoreng dengan cara umum.

Baca juga: 5 Pilihan Air Fryer, Harga Tak Sampai Rp 2 Juta

2. Menjauhkan dari kandungan akrilamida

Menggoreng makanan dengan minyak berlebih dapat memicu timbulnya senyawa berbahaya yang disebut akrilamida, yang dapat terbentuk dalam makanan kaya karbohidrat yang dimasak dengan suhu tinggi.

Menggoreng makanan dengan air fryer dapat menurunkan kadar akrilamida dari gorengan yang dikonsumsi.

Sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan akrilamida dari gorengan air fryer lebih rendah 90 persen ketimbang gorengan biasa.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com