Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tidur Berkualitas? Perhatikan 5 Hal Ini di Kamar

Kompas.com - 12/11/2020, 19:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Kualitas tidur menjadi acuan untuk memulai kegiatan dengan baik di esok hari.

Sebab, kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi kesehatan serta daya konsentrasi seseorang. Untuk itu, ruangan tempat beristirahat harus diperhatikan agar saat tidur tubuh terasa nyaman dan keesokan harinya menjadi lebih segar.

Dilansir dari Decortips, Kamis (12/11/2030) keadaan kamar yang baik bisa menimbulkan kenyamanan serta memberikan stimulasi yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Warna-warna Cat Dinding yang Bikin Kamar Tidur Lebih Nyaman

 

Untuk itu ada beberapa poin yang bisa diaplikasikan untuk mendapatkan ruangan tidur yang nyaman sebagai berikut. 

Perhatikan warna dinding 

Warna dapat memengaruhi psikologi seseorang, untuk itu pilihlah warna yang teduh seperti hijau, biru, atau putih sehingga memberikan rasa nyaman. Hindari penggunaan warna terang seperti kuning, merah, ataupun oranye.

Tirai

Pilihlah tirai yang dapat membatasi cahaya uang masuk, serta memiliki bahan yang tidak panas. Jangan lupa untuk memilih warna yang teduh, ya.

Baca juga: Trik Desain Kamar Tidur Sempit Terasa Lega dan Nyaman

Cahaya

Matikan lampu saat malam hari, hal ini bisa memberikan kualitas tidur yang paling baik. Jika Anda tipe orang yang tidak bisa tidur tanpa adanya cahaya, gunakan lampu tidur yang memiliki warna agak redup.

Kelambu

Jika memang dibutuhkan, pakailah kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk. Namun jika memang tidak menyukai menggunakan kelambu, Anda bisa memasang jaring kasa atau kawat nyamuk. 

Kasur

Pilihlah kasur yang paling nyaman, tidak terlalu empuk atau keras. Hal ini akan memberikan kenyamanan pada tubuh. Salah memilih kasur akan berdampak pada kualitas tidur yang tidak baik hingga sakit pada area pinggang dan punggung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com