Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing di Rumah

Kucing kencing sembarangan pada sejumlah benda dan permukaan di rumah, seperti dinding, karpet, sofa, kasur, gorden, dan furnitur. 

Tentu saja, kucing kencing sembarangan menimbulkan bau tidak sedap di rumah yang mengganggu dan merusak suasana. 

Dr. Bruce Kornreich, Direktur Senior di Cornell Feline Health Center--rumah sakit hewan di Amerika Serikat-- mengatakan bau kencing kucing akan semakin intens seiring berjalannya waktu jika tidak segera dibersihkan. 

Semakin lama diabaikan, noda kencing kucing mulai mengandung merkaptan--senyawa yang memiliki bau sangat khas dan kuat, yang sering dianggap bau busuk atau menyengat, terlebih pada kucing jantan yang belum dikebiri.  

Gunakan pembersih berbahan dasar enzim karena dapat memecah asam dalam kencing kucing dan menghilangkan baunya.

Baking soda dan cuka juga mengandung asam yang dapat menetralkan garam basa yang terbentuk pada noda kencing kucing kering.

Anda dapat melarutkan kedua bahan ini dengan air dan gunakan untuk membersihkan dinding dan lantai.

Selain itu, saat menghilangkan bau kencing kucing, hindari menggunakan produk pembersih komersial yang mengandung amonia.

"Amonia adalah bagian dari kencing kucin, dan mencium bau tersebut dapat mendorong kucing untuk buang air lagi di tempat sama," kata Kornreich. 

Selain itu, amonia dan pembersih kimia lainnya sering kali dapat meninggalkan noda.

Pastikan juga menjauhkan hewan peliharaan saat membersihkan dan semua area benar-benar kering sebelum membiarkan sahabat bulu mengaksesnya lagi. 

Nah, dikutip dari Pet MD, (17/4/2024), berikut cara menghilangkan bau kencing kucing di rumah. 

Cara menghilangkan bau kencing kucing di karpet

Saat kucing kencing sembarang di karpet, segera temukan noda kencingnya dan bersihkan dengan kain bersih.

Bilas area tersebut dengan air bersih dan gunakan penyedot debu basah/kering untuk mengisap kencing kucing.

Jangan gunakan pembersih uap karena panasnya dapat membuat noda semakin menempel.

Basahi area tersebut secara perlahan dengan cairan pembersih. Biarkan pembersih meresap selama 10-15 menit, lalu bersihkan noda tersebut dengan kain bersih.

Biarkan sampai benar-benar kering. Untuk noda yang sudah lama atau memiliki bau pesing kuat,  perlu mengulangi proses pembersihan sampai baunya benar-benar hilang. 

Cara ini sudah cukup untuk noda kencing yang masih segar. Namun, untuk noda kencing yang sudah kering atau area  sulit dibersihkan, Anda perlu melakukan pembersihan lanjutan  menggunakan pembersih enzimatik.

Biarkan pembersih enzimatik menempel di area tersebut sesuai petunjuk pada kemasan produk, kemudian bersihkan dengan spons dan air biasa.

Pastikan mengeringkan area tersebut secara menyeluruh setelah proses pembersihan selesai. 

Cara menghilangkan bau kencing kucing di bantal

Untuk bau kencing kucing di bantal, masukkan bantal ke dalam air dan gunakan handuk untuk menyerap kencing kucing.

Selanjutnya, basahi bantalan dengan menuangkan pembersih enzim ke dalam dan sekitar area yang terkena, kemudian biarkan larutan meresap selama sekitar 15 menit.

Setelah itu, keringkan bantal menggunakan handuk untuk menghilangkan cairan sebanyak mungkin. Pastikan  menjauhkan kucing dari area tersebut hingga bantalan benar-benar kering. 

Cara menghilangkan bau kencing kucing di kasur

Untuk membersihkan dan menghilangkan bau kencing kucing di kasur, serap noda  sebanyak mungkin dengan handuk, kemudian rendam kasur dengan menuangkan atau menyemprotkan pembersih enzimatik ke dalam serta sekitar area yang terkena.

Diamkan pembersih enzimatik selama 15 menit, lalu bersihkan, dan biarkan kasur mengering. Jika belum kering saat Anda pergi tidur, letakkan beberapa lapis handuk bersih di atas noda tersebut dan rapikan tempat tidur di atasnya.

Gantilah handuk setiap hari sampai kasur benar-benar kering. Kasur mungkin memerlukan beberapa aplikasi untuk menghilangkan noda kencing kucing sepenuhnya. 

Cara menghilangkan bau kencing kucing di pakaian

Saat menemukan noda kencing kucing di pakaian, segera siram noda di wastafel menggunakan air dingin.

Masukkan item pakaian ke dalam mesin cuci, tambahkan detergen biasa, lalu 100 mililiter baking soda atau 59 milililiter cuka.

Jika aroma kencing kucing masih tercium setelah siklus pencucian, tambahkan pembersih enzim ke dalam mesin cuci dan cuci pakaian sekali lagi.

Biarkan pakaian mengering secara alami, hindari penggunaan pengering yang dapat mengunci bau sebelum benar-benar hilang.

Anda mungkin perlu mencuci pakaian beberapa kali hingga bau kencing kucing benar-benar hilang.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/17/080646176/cara-menghilangkan-bau-kencing-kucing-di-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke