Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mencegah Hama Masuk ke Rumah Saat Ditinggal Mudik

Mudik biasanya melakukan perjalanan jauh dan mengharuskan Adna meninggalkan rumah untuk waktu cukup lama. 

Rumah yang kosong rentan menjadi sasaran hama, seperti kecoak, tikus, laba-laba, cicak, dan lalat.  Maka itu, sebelum berangkat mudik, Anda perlu melakukan langkah pencegahan. 

Dilansir dari Graduate Pest Solution, Selasa, (2/4/2024), berikut lima cara mencegah hama masuk ke rumah saat ditinggal mudik.

Bersihkan area dapur termasuk kulkas. Buang bahan makanan yang segera basi atau mudah hancur dan busuk. Pastikan barang-barang di dapur dalam wadah yang tertutup rapat.

Bersihkan juga kamar mandi secara menyeluruh, kemudian area gudang dan loteng yang biasa menjadi persembunyian tikus.

Pastikan membersihkan debu dan kotoran serta tidak menyimpan barang yang tak terpakai.

Selain itu, pastikantempat sampah tertutup rapat dan  tidak menumpuk sampah di rumah. Sampah yang menumpuk bisa menjadi sumber makanan bagi hama. 

Perbaiki kebocoran

Selanjutnya, cara mencegah hama masuk ke rumah saat ditinggal mudik adalah memperbaiki kebocoran. 

Sebelum pergik mudik, sangat penting memeriksa dan memperbaiki kebocoran di rumah. Pastikan atap, dinding, dan lantai aman dari kerusakan yang akan menjadi masalah ketika hujan turun.

Selain itu, pastikan saluran air, got, dan sistem drainase lainnya berfungsi baik. Pastikan memperbaiki segala kebocoran pada pipa air atau saluran air yang tersumbat untuk mencegah terjadinya genangan air yang dapat menyebabkan kelembapan, yang menjadi tempat ideal  hama untuk berkembang biak. 

Sebab, tikus dan nyamuk suka bersembuyi pada rumput atan tanaman yang tinggi dan membantu hama masuk ke dalam rumah. 

Jadi, pangkas rumput atau tanaman yang sudah meninggai untuk mencegah hama bersembunyi serta memberikan tampilan lebih teratur dan bersih pada rumah. 

Menutup celah dan lubang 

Cara mencegah hama masuk ke rumah saat ditinggal mudik lainnya adalah menutup celah dan lubang. 

Retakan dan celah di dalam atau di sekitar jendela dan pintu adalah cara umum bagi tikus, cicak, dan kecok untuk menyelinap ke dalam rumah Anda.

Sebaiknya, pertimbangkan memasang penahan cuaca atau weatherstripping untuk memastikan pintu dan jendela rapat serta tidak memiliki celah cukup besar bagi hama untuk masuk.

Selain itu, bisa memasang kisi atau penutup ventilasi pada lubang ventilasi di dinding atau atap untuk mencegah masuknya serangga atau hama melalui ventilasi. 

Memanfaatkan tanaman pengusir hama

Terakhir, cara mencegah hama masuk ke rumah saat ditinggal mudik adalah menanam tanaman pengusir hama, seperti lavender, peppermint, dan basil. Tanaman ini memiliki sifat pengusir hama alami.

Menanam tanaman ini di dalam ruangan dapat membantu mengurangi kehadiran hama karena memiliki aroma yang mengganggu bagi serangga, seperti lalat, nyamuk, dan kutu.

Anda juga bisa menanam tanaman pengusir cicak di rumah, seperti pappermint, rosemary, juga serai. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/02/114500776/5-cara-mencegah-hama-masuk-ke-rumah-saat-ditinggal-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke