Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Pengusir Cicak yang Dapat Ditanam di Rumah

Pasalnya, cicak memakan nyamuk, lalat, semut, dan laba-laba yang sering mengganggu serta mengotori rumah. 

Kemunculan cicak muncul di rumah untuk mencari tempat berlindung dan makan. Meski tidak berbahaya atau agresif, kehadiran cicak di rumah tidak selalu diinginkan, apalagi bila jumlahnya banyak. 

Beberapa orang merasa terganggu, bahkan khawatir, dengan kehadiran cicak di rumah dan taman. meninggalkan kotoran yang tidak sedap dipandang. Reptil ini bermanfaat sekaligus menyusahkan.

Cicak dapat tumbuh dalam berbagai kondisi iklim. Hewan yang sangat berevolusi ini ahli dalam memanfaatkan lingkungan untuk berbaur, bersembunyi, dan berburu.

Bukan hal aneh jika cicak akhirnya berpindah ke dalam rumah setelah menjelajahi taman. Karena terpikat oleh kehangatan dan kelembapan, cicak sering menyelinap ke dapur, ruang bawah tanah, dan kamar mandi.

Cara mencegah cicak masuk ke rumah adalah menghilangkan sumber makanannya dan menanam tanaman pengusir cicak. 

Dilansir dari Pond Informer, Kamis (28/3/2024), berikut tanaman pengusir cicak yang dapat ditanam di rumah. 

Komponen paling berguna ditemukan di dalam sel dedaunannya yang harum. Ini mengandung kombinasi fitokimia kuat dengan kegunaan farmakologi, kuliner, dan industri.

Minyak pepermint mengusir banyak hama dan serangga herbivora. Mengandung menthone dan pulegone, keduanya terbukti secara ilmiah memiliki sifat pestisida.

Aroma dan sensasi mentol yang dihasilkan oleh bahan kimia ini mencegah cicak dan banyak mangsa favorit cicak untuk mendekati tanaman tersebut. 

Tanaman peppermint dalam pot, stek, atau ekstrak minyak murni juga dapat mengendalikan serangan ciciak di dalam ruangan.

Cicak tidak menyukai aroma pepermint, jadi Anda bisa mengoleskan minyak pepermint ke area yang sering dikunjungi cicak di rumah. 

Pastikan juga menargetkan celah, bukaan, dan dinding di sekitar fondasi rumah untuk mencegah cicak masuk ke rumah.  

Selain pahit dan keras, daun rosemary mengandung minyak yang sangat kuat serta aromatik. Ini mengandung bahan kimia, seperti asam rosmarinic dan kapur barus, yang melindungi tanaman dari hama dan menetralisir mikroba penyebab penyakit.

Minyak rosemary dapat bertindak sebagai pengusir serangga ramah lingkungan dengan efek yang meluas ke hama lebih besar, seperti ular dan kadal. 

Cukup letakkan potongan rosemary ke bagian-bagian penting rumah yang terlihat cicak sering muncul. 

Serai (Cymbopogon citratus)

Serai juga menjadi salah satu tanaman pengusir cicak yang dapat ditanam di rumah. Daun serai mengeluarkan aroma kuat, seperti lemon, saat diremas. Cicak tidak menyukai aroma dan rasa daun serai sehingga akan menjauhinya. 

Tanaman serai dalam pot dapat diletakkan di dekat pintu masuk karena aroma daunnya dapat menghalangi atau mencegah cicak masuk ke rumah. 

Citral dan geraniol, keduanya berperan penting dalam minyak atsiri serai, memiliki sifat insektisida dan mikroba. Ketika dilepaskan ke udara, senyawa ini cukup kuat menghalangi cicak yang peka terhadap aroma serta menjauhkannya.  

Eucalyptus (Eucalyptus spp.)

Pohon eucalyptus dikenal karena kemampuan adaptasinya terhadap berbagai iklim, banyak kegunaan komersialnya, dan nilai luar biasa bagi hama. 

Keharuman minyak eucalyptus yang menyegarkan dihasilkan kombinasi kayu putih, limonene, dan cineole.

Konsentrasi bahan-bahan ini bervariasi tergantung pada spesies atau ciri-ciri habitat. Namun, satu hal yang pasti bahan-bahan ini merupakan penolak hama alami yang sangat baik.

Pohon eucalyptus yang tumbuh subur bisa menjadi habitat tidak ramah bagi cicak sehingga mencegahnya masuk ke rumah. 

Terakhir, tanaman pengusir cicak yang dapat ditanam di rumah adalah lavender.Tanaman bunga berwarna ungu ini dikenal memiliki aroma menenangkan yang dapat membantu tidur. 

Namun, aroma lavender ini tidak disukai cicak. Spesies populer, seperti lavender Inggris (L. angustifolia), lavender Perancis (L. pedunculata), dan lavender berpohon (L. dentata), memiliki minyak yang mengandung linalool dan linalyl asetat. Hal ini mempunyai efek jera pada beberapa cicak.

Meski sangat mudah beradaptasi terhadap berbagai macam kondisi iklim, lavender tidak menyukai kondisi kering.

Jika Anda tinggal di daerah lembap, tetapi ingin mendapatkan manfaat lavender dalam mengusir hama, pertimbangkan menggunakan ekstrak tanaman lavendelr yang dibeli di toko.

Semprotkan pada area-area di rumah yang sering dikunjungi cicak. Ingatlah beberapa reptil mungkin lebih mudah ditolak daripada yang lain, jadi mencampurkan minyak dengan minyak tumbuhan lain akan lebih efektif.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/03/28/073434476/5-tanaman-pengusir-cicak-yang-dapat-ditanam-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke