Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mencegah Kecoak Muncul di Dapur

Faktor utama kehadiran kecoak di dapur adalah kondisi ruangan yang kotor dan berantakan. Selain itu, kebiasaan menyimpan makanan terbuka dapat mengundang kecoak muncul di dapur untuk mencari sumber makanan. 

Sisa-sisa makanan di wastafel atau area dapur lainnya juga dapat menarik kecoak.

Ditambah, dapur memiliki kondisi lembap serta suhu cukup hangat yang menciptakan lingkungan ideal bagi kecoak untuk berkembang biak dengan cepat.

Keberadaan kecoak di dapur dapat membawa penyakit yang membahayakan kesehatan dan sering kali mengganggu kenyamanan.

Karena itu, penting melakukan pencegahan tepat untuk mengurangi kehadiran kecoak di dapur serta menjaga rumah tetap sehat dan nyaman.

Dilansir dari Better Pest Control, Selasa, (19/3/2024), berikut sejumlah cara mencegah kecoak muncul di dapur.

Maka itu, periksa dan perbaiki retakan atau celah terkecil sekali pun agar kecoak tidak dapat masuk ke rumah dan bersarang di dapur. 

Membuang sisa makanan

Selanjutnya, cara mencegah kecoak muncul di dapur adalah membuang sisa makanan. Menjaga kebersihan area dapur, seperti kompor, meja dapur, peralatan masak, dan lantai, merupakan langkah penting mencegah masuknya kecoak ke rumah.

Pastikan tidak menyimpan sisa makanan secara terbuka atau mengabaikan remahan makanan di dapur.

Begitu pun dengan memastikan dapur tidak memiliki cipratan, partikel makanan yang terbakar, dan tumpahan makanan.

Sisa-sisa makanan ini tidak hanya mengundang kecoak dan serangga lain, tetapi juga membuat dapur dipenuhi bakteri dan kuman. 

Anda dapat menggunakan bahan pembersih yang dapat dibuat sendiri, seperti campuran cuka putih, air hangat, dan sabun cair pencuci piring, untuk membasmi kecoak dari dapur.

Bahan pembersih ini juga membantu menghilangkan noda yang sulit dihilangkan. Biasakan  mencuci piring sebelum tidur untuk menjaga kebersihan dapur dan mencegah masuknya kecoak ke rumah.

Dengan melakukan kebiasaan ini, dapat menjaga dapur tetap bersih dan bebas kecoak. 

Kemudian, buang larutan ke dalam saluran pembuangan wastafel, semprotkan ke bagian bawah wastafel dan meja dapur untuk dan membersihkannya serta menghambat perkembangbiakan kecoak. 

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup

Pastikan menyimpan makanan dalam wadah atau kontainer yang tertutup rapat, baik di dalam lemari maupun kulkas.

Usahakan tidak meninggalkan makanan terbuka di atas meja atau luar lemari penyimpanan makanan.

Hal ini membantu mencegah kecoak di dapur karena tidak dapat mengakses sumber makanan. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga kebersihan dan keamanan makanan di rumah. 

Mengatasi area lembap di dapur

Cara mencegah kecoak muncul di dapur lainnya adalah mengatasi kelembapan. Kelembapan dari keran air yang bocor dan pipa yang mengalirkan air secara terus-menerus di dapur dapat menjadi daya tarik bagi kecoak.

Maka itu, penting memeriksa secara rutin area di sekitar keran air, bawah wastafel, dan area bawah tanah untuk mengetahui kelembapan yang ada.

Jika terdapat kelembapan yang tinggi, segera perbaiki pipa yang bocor agar tidak memperburuk situasi.

Selain menjadi tempat yang nyaman bagi kecoak, area yang lembap atau basah dapat menjadi sarang bagi jamur dan lumut. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti alergi dan infeksi saluran pernapasan. 

Menjaga kebersihan dapur

Terakhir, cara mencegah kecoak muncul di dapur adalah menjaga kebersihan. Pastikan  membersihkan sisa-sisa makanan, tetesan minyak, dan tumpahan lainnya segera dari dapur setelah Anda selesai memasak atau makan.

Selain itu, membersihkan area-area tersembunyi di dapur, seperti bawah dan sekitar peralatan dapur serta di balik lemari atau rak.

Kecoak sering kali mencari tempat-tempat gelap dan lembap untuk bersembunyi atau mencari makanan. Jadi, pastikanmembersihkan area tersebut secara berkala untuk mencegah kehadiran kecoak di dapur. 

Jangan lupa membuang sampah secara teratur dan pastikan tutup tempat sampah tertutup rapat untuk mengurangi daya tarik kecoak dan serangga lainnya untuk mendekati dapur. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/03/19/080800076/7-cara-mencegah-kecoak-muncul-di-dapur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke