Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari, Ini 5 Tempat Terburuk untuk Meletakkan Microwave

Sama seperti perlengkapan dapur lainnya, penempatan microwave perlu diperhatikan dengan baik. Sebab, penempatan yang tidak tepat bisa mengurangi efisiensi microwave hingga meningkatkan risiko kebakaran.

Dilansir dari Ideal Home, Minggu (25/2/2024), berikut ini tempat terburuk untuk meletakkan microwave yang sebaiknya dihindari.

Lemari dapur bisa digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan dapur. Namun, sebaiknya tidak menyimpan microwave di dalam lemari dapur.

Sebab, lemari dapur yang sempit bisa mengganggu sirkulasi udara dan menyebabkan microwave terlalu panas dan meningkatkan risiko kebakaran.

Sementara itu, Steve Horner pakar dapur di Cladding Monkey mengatakan bahwa meletakkan microwave di dalam lemari bisa menyebabkan lemari melengkung dan lembap.

Di dekat wastafel atau mesin pencuci piring

Tempat terburuk untuk meletakkan microwave lainnya yaitu di dekat wastafel atau mesin pencuci piring. Sebab, area tersebut cukup basah atau lembap.

Tak hanya itu, area dekat wastafel atau mesin pencuci piring sangat rentan terhadap tumpahan atau percikan air yang bisa merusak kelistrikan microwave.

Di depan jendela

Meletakkan microwave di depan jendela bisa mengganggu pemandangan dan menghalangi cahaya alami masuk.

Selain itu, panas dari microwave bisa menyebabkan kerusakan pada jendela. Misalnya, menyebabkan retak atau pecah, atau bahkan mempengaruhi segel karet yang terpasang di jendela. Ada baiknya untuk menjaga ruang di depan jendela agar tetap bersih dan tertata rapi.

Microwave juga tidak boleh disimpan di dekat lemari es atau kulkas. Sebab, aktivitas membuka dan menutup pintu microwave bisa menyebabkan kerusakan pada kulkas.

Tak hanya itu, meletakkan alat pemanas seperti microwave di samping kulkas bisa mengganggu efisiensi kedua alat dapur ini.

Apabila hendak menghemat energi di rumah, maka dianjurkan untuk meletakkan microwave jauh dari kulkas.

Menempatkan microwave setinggi mata

Meletakkan microwave setinggi mata tidak dianjurkan karena tidak aman. Selain tidak aman, penempatan microwave setinggi mata juga bisa mengurangi kenyamanan.

Tak hanya itu, tidak dianjurkan juga meletakkan microwave di atas kompor karena bisa berisiko menyebabkan kecelakaan.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/25/204134176/hindari-ini-5-tempat-terburuk-untuk-meletakkan-microwave

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke