Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Lantai Laminasi dengan Benar

Lantai laminasi memiliki tampilan yang cantik, sehingga membuat ruangan terlihat lebih estetik dan menarik. Namun, biasanya lantai laminasi sulit untuk dipel.

Setelah dipel, biasanya lantai laminasi akan menjadi berpasir, lengket, dan bergari-garis. Maka dari itu, proses membersihkan lantai laminasi harus dilakukan dengan benar agar bersih maksimal dan tidak menggores lapisan lantai.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (3/2/2024), berikut cara membersihkan lantai laminasi dengan mudah dan benar.

Membersihkan debu

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat membersihkan lantai laminasi yaitu membersihkan debu menggunakan kain pel debu/kering atau penyedot debu setiap hari.

Jangan gunakan pel basah karena bisa mengambil partikel berpasir dan menyebarkannya ke seluruh bagian lantai.

Jika menggunakan penyedot debu, pilihlah mesin dengan pengaturan untuk lantai keras karena penyedot debu dengan sikat yang bisa digulung dapat menggores dan merusak lapisan lantai laminasi.

Buat larutan pembersih

Bahan pembersih untuk lantai laminasi bisa dibuat sendiri menggunakan cuka atau alkohol. Campurkan alkohol dengan air.

Alkohol bisa menguap dengan cepat, sehingga mencegah goresan dan garis di lantai. Manfaat lain dari menggunakan alkohol yaitu lantai lebih cepat kering.

Selain menggunakan alkohol, cuka suling juga bisa digunakan untuk membersihkan lantai laminasi. Awalnya, cuka akan mengeluarkan aroma menyengat, namun lama kelamaan aromanya akan hilang.

Cara membersihkan lantai laminasi selanjutnya yaitu mengepel lantai menggunakan pel basah. Saat membersihkan lantai laminasi, jangan menggunakan air terlalu banyak dan semprotkan pembersih ke bagian yang bernoda saja.

Jika menggunakan kain pel tradisional, peras sampai lembap. Lalu, gunakan kain pel untuk mengelap semua permukaan lantai.

Keringkan lantai

Untuk membuat lantai laminasi lebih kinclong, keringkan lantai menggunakan kain bersih dan halus. Lap lantai secara perlahan sampai semua permukaan lantai kering.

Proses pengeringan lantai tak hanya membuat tampilan lebih menarik, namun juga membuat lantai lebih tahan lama.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/03/213800176/cara-membersihkan-lantai-laminasi-dengan-benar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke