Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Menanam Bayam di Dalam Ruangan, Bisa Tumbuh Subur

Tak heran, bayam banyak ditanam, termasuk oleh pekebun rumahn. Tanaman bayam tahan dingin, tetapi terkenal tumbuh subur pada musim panas dan cuaca musim dingin yang keras sering kali mematikan tanaman. 

Tanaman bayam umumnya ditanam di luar ruangan, tapi sebenarnya bayam bisa ditanam di dalam ruangan dan tumbuh subur. 

Menanam bayam di dalam ruangan sangat mirip dengan merawat kebun herbal di dalam ruangan. Anda hanya membutuhkan keseimbangan cahaya, air, dan sedikit pupuk.

Untuk membantu Anda, berikut cara menanam bayam di dalam ruangan dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (2/2/2024). 

Pot sebesar ini bisa menampung sekitar tiga sampau empat tanaman bayam. Pot terakota adalah pilihan tepat untuk menanam bayam di dalam ruangan, tetapi juga bisa menanam bayam di dalam kantong tanam.

Pastikan wadah apa pun yang dipilih memiliki banyak lubang drainase untuk mencegah tanah basah.

Gunakan campuran pot berkualitas 

Selanjutnya, cara menanam bayam di dalam ruangan adalah menggunakan campuran pot berkualitas. Jika terbiasa menanam bayam di luar ruangan, Anda mungkin tergoda menggunakan tanah kebun di pot dalam ruangan, tetapi ini bukanlah ide baik.

Sebab, tanah kebun cenderung tidak memiliki drainase yang cukup baik. Sebagai gantinya, pilih campuran pot yang kaya dan memiliki drainase baik untuk tanaman bayam. 

Selain itu, pertimbangkan mengubahnya dengan segenggam atau dua kompos atau cacing sebelum mulai menanam bayam. 

Pilih lokasi terang 

Bayam tidak membutuhkan banyak cahaya terang, seperti sayuran lainnya, sehingga lebih mudah tumbuh di dalam ruangan.

Namun, tanaman bayam masih perlu menerima setidaknya empat hingga enam jam cahaya setiap hari agar dapat tumbuh baik serta menghasilkan daun yang indah.

Untuk memastikan bayam menerima cukup cahaya, letakkan tanaman di ambang jendela yang terkena sinar matahari atau letakkan di bawah cahaya terang. 

Benih bayam dapat ditanam kapan saja sepanjang tahun, bahkan disemai secara berurutan setiap beberapa minggu.

Untuk pertumbuhan yang baik, benih bayam sebaiknya ditanam sedalam 1,5 sentimeter di lubang tanam dengan jarak sekitar lima sentimeter. 

Gunakan matras pemanas 

Meski bayam tumbuh baik pada cuaca dingin, benih tidak akan berkecambah jika suhu terlalu dingin. Namun, ini mungkin tidak menjadi masalah jikamenyimpan bayam di rumah. 

Apabila menanam bayam di garasi atau bangunan lain, Anda perlu menambahkan alas pemanas di bawah pot tanaman untuk mempercepat tingkat perkecambahan.

Benih bayam yang disimpan pada suhu antara 4 dan 21 derajat Celsius akan berkecambah dalam waktu sekitar lima hari.

Siram secara teratur 

Setelah menanam benih bayam, sebaiknya menyiramnya secara teratur agar tanah tetap lembap, tetapi tidak basah.

Saat benih bayam masih muda dan lembut, Anda mungkin ingin menyiram pot dengan botol kecil agar benih yang ringan tidak copot.

Saat bayam bertunas dan mulai tumbuh, sirami tanaman saat bagian atas tanah terasa kering dan arahkan aliran air ke garis tanah untuk menjaga daun bayam tetap kering serta bebas penyakit. 

Menipiskan bibit 

Menipiskan benih juga menjadi cara menanam bayam di dalam ruangan. Benih bayam sebaiknya ditipiskan ketika tingginya beberapa inci dan telah menumbuhkan satu atau dua set daun asli.

Idenya adalah memilih tanaman paling sehat dan menghindari pot terlalu penuh, yang dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan serta penyakit tanaman.

Tipiskan bibit bayam sehingga jaraknya sekitar 7,5-12 sentimeter. Jangan ragu menggunakan benih yang dikeluarkan sebagai hiasan yang dapat dimakan dan sayuran hijau.

Namun, apabila menanam bayam di dalam ruangan pada musim panas, Anda perlu melindungi tanaman dari panas dengan menjauhkannya dari jendela yang panas saat suhu naik.

Ingat, suhu di atas 26 derajat Celsius dapat menyebabkan tanaman bayam tumbuh subur. 

Berikan pupuk 

Menanam bayam di dalam ruangan membutuhkan lebih sedikit pupuk dibanding tanaman yang ditanam di kebun. Namun, tanaman bayam akan tetap menghasilkan lebih banyak daun jika ditanam di tanah subur.

Memulai bayam dalam campuran pot berkualitas yang telah diubah dengan kompos adalah awal yang baik, tetapi Anda mungkin tetap ingin memupuk tanaman bayam dalam pot sepanjang musim tanam.

Untuk pertumbuhan optimal, gunakan pupuk organik cair seimbang yang diencerkan hingga setengah kekuatan dan gunakan setiap dua sampai tiga minggu sekali dari musim semi hingga musim gugur. 

Sering-sering memanen 

Terakhir, cara menanam bayam di dalam ruangan adalah sering-sering memanennya. Bayam dalam ruangan siap dipanen sekitar 35-45 hari setelah tanam.

Anda bisa memanen seluruh tanaman bayam sekaligus atau memotong daun tertua di bagian luar tanaman dan membiarkan daun muda terus tumbuh.

Bayam akan memiliki rasa terbaik jika Anda memanen daunnya saat masih empuk, tapi rasa bayam mulai menurun saat tanaman mulai berbunga.

Jika pembungaan terjadi, cabut tanaman bayam dan tabur benih baru agar tanaman dalam ruangan tetap kuat. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/02/125221676/10-cara-menanam-bayam-di-dalam-ruangan-bisa-tumbuh-subur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke