Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tren Kamar Mandi yang Bakal Hits pada 2024, Apa Saja?

Tak heran, bila kebersihan dan kerapian penting diperhatikan. Ditambah, kamar mandi iuga mendapat perhatian lebih dari segi desain dan detail. 

Sejumlah orang memanfaatkan tahun baru untuk merenovasi kamar mandi atau mengubah gaya. Baik sedang memulai merenovasi kamar mandi secara menyeluruh atau hanya mencari cara menjaga ruangan tetap segar untuk tahun depan, tetap ikuti tren desain kamar mandi terbaru 2024.

Tren desain kamar mandi 2024 mengombinasi fungsionalitas dan desain dengan elemen alami, warna bumi, serta fokus pada aksesibilitas pada tahun mendatang.

Kamar mandi menampilkan perhatian lebih besar terhadap detail dan fokus pada keberlanjutan dibandingkan sebelumnya.

Unsur-unsur yang terinspirasi dari alam akan terus mendominasi, tapi dengan tingkat lebih jenuh pada 2024 daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Banyak kamar mandi yang kami rancang untuk selesai pada 2024 penuh dengan warna tanah yang dalam,” kata Katie Labourdette-Martinez dari Hearth Homes Interiors.

Nah, disadur dari Better Homes and Gardens, Jumat (12/1/2024), berikut sejumlah tren desain kamar mandi yang bakal hits pada 2024.  

“Desainer di Houzz mendengar bahwa pemilik rumah ingin mendapatkan gaya abadi dengan bahan dan fitur yang tidak akan membuat mereka bosan,” jelasnya.

Bahkan rumah modern pun menggabungkan elemen, seperti batu bata, ubin tanah liat buatan tangan, elemen kayu pedesaan, dan lengkungan yang menciptakan kesan mewah yang tenang. 

Menurut Parker, fokus pada estetika yang lebih abadi juga semakin meningkatkan popularitas desain berkelanjutan dengan fitur, seperti perlengkapan hemat air dan energi, bola lampu LED, dan peredup semakin menonjol. 

Fitur buatan tangan

Selanjutnya, tren desain kamar mandi yang bakal hits pada 2024 adalah fitur buatan tangan. Menurut Parker, tren ke arah elemen yang dipersonalisasi dan fitur buatan tangan yang dibuat khusus awalnya mendapatkan daya tarik di pameran desain Eropa, tapi telah membuat banyak kemajuan bagi konsumen Amerika Serikat.

Tren terhadap detail dan fitur buatan tangan ini juga terkait erat dengan semakin populernya gaya abadi.

“Para ahli di Houzz mengatakan fitur buatan tangan, termasuk ubin buatan tangan, meja rias kamar mandi khusus, dan elemen khusus lainnya, yang menciptakan perasaan bahwa pemilik rumah memiliki sesuatu yang benar-benar unik dan istimewa,” imbuh Parker. 

Laporan Tren Kamar Mandi Houzz AS 2023 menemukan bahwa kayu adalah pilihan yang paling diinginkan saat meningkatkan kemewahan di kamar mandi.

Meski warna putih terus mendominasi sebagai warna paling populer untuk meja dan dinding, daya tarik terhadap meja rias kayu ini berhubungan dengan peralihan yang lebih besar di seluruh rumah dari warna abu-abu dingin dan putih mencolok ke warna netral yang lebih hangat, seperti cream, putih cream, dan coklat kaya. 

Dengan beragamnya warna kayu di pasaran, warna ini dapat digunakan untuk hampir semua estetika, dari pesisir hingga tradisional. 

Nada bumi

Tren desain kamar mandi yang bakal hits pada 2024 adalah dinding berwarna bumi. Meski material alami terus mengalami peningkatan popularitas yang belum pernah terjadi sebelumnya, begitu pula warna dan perawatan dinding yang terinspirasi dari alam dapat meningkatkan daya tarik estetika dalam dan luar ruangan yang menenangkan.

“Warna cat, plester, dan warna aksen bernuansa bumi adalah favorit kami saat ini dan kami telah memadukannya ke dalam desain kami pada 2023 dan berharap dapat melakukan lebih banyak lagi hal tersebut pada 2024,” imbuh Labourdette-Martinez.

Saat memilih cat berwarna tanah, rona dasar menjadi lebih penting dari sebelumnya. Agar tetap menarik, carilah warna yang menghadirkan elemen yang tidak biasa, seperti putih pudar dengan sentuhan aprikot halus, untuk tampilan segar pada tren warna tanah. 

“Kami menyukai warna merah tua dan coklat, dan batu hitam untuk kamar mandi akhir-akhir ini."

Bagi mereka yang ingin menghemat anggaran, pertimbangkan ubin yang dapat memberikan efek serupa, bahkan elemen lebih kecil, seperti bangku rotan, permadani alami, atau bangku kayu untuk memberikan kesan alami serta membumi. 

Fitur tak lekang waktu 

Terakhir, tren desain kamar mandi yang bakal hits pada 2024 adalah fitur tak lekang waktu. Karena semakin banyak pemilik rumah yang berencana tinggal di rumahnya lebih lama, mereka menerapkan fitur-fitur yang mereka perlukan nantinya.

“Setengah dari pemilik rumah yang memenuhi kebutuhan ini sudah merencanakan masa depan dan semakin banyak minat terhadap desain universal yang mengutamakan keindahan, selain fungsi,” kata Parker.

Produsen mendukung tren ini dengan menciptakan fitur-fitur yang stylish dan awet. Maka itu, lantai antiselip, shower tanpa tepi jalan, pintu lebih lebar, ketinggian meja rias lebih rendah, dan palang pegangan adalah beberapa elemen desain yang akan lebih sering Anda lihat dalam tren desain kamar mandi 2024.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/12/123039976/6-tren-kamar-mandi-yang-bakal-hits-pada-2024-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke