Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Warna Cat yang Bakal Ditinggalkan pada 2024

Undertone atau lapisan bawah cat akan mengambil peran utama pada tahun ini karena menjadi untuk menciptakan keseimbangan dan merayakan individualitas konsumen. 

Sue Wadden, Direktur Pemasaran warna Sherwin-Williams, mengatakan warna cat yang membangkitkan kegembiraan dan ketenangan akan menjadi prioritas, terutama di ruang istirahat, dan warna yang terlalu dramatis atau berani mungkin tidak begitu populer. 

Selain mencari cara menghadirkan rasa damai dan tenteram di rumah, pada tahun ini, akan melihat peningkatan dalam ekspresi diri serta bagaimana warna cat berperan dalam tujuan tersebut.

Tren warna cat 2024 adalah tentang menonjolkan estetika desain dan kepribadian unik Anda. Untuk membantu melakukan penyegaran rumah berikutnya, desainer dan pakar cat membagikan tren warna cat yang akan ditinggalkan pada 2024 dan apa yang bisa dilihat sebagai gantinya. 

Nah, disadur dari Better Homes and Gardens, Kamis (11/1/2024), berikut tren warna cat yang bakal ditinggalkan pada 2024. 

Rona jenuh yang digunakan untuk menyimpan warna aksen kini menjadi pusat perhatian di keempat dinding. Namun, memilih corak berdampak tinggi bukan cara tunggal untuk memanfaatkan tren warna ini.

“Memilih warna cat lebih berwarna tidak berarti hanya menggunakan warna-warna berani dan cerah. Ini bisa berarti pendekatan lebih halus, seperti warna putih pudar yang menampilkan rona merah muda yang kuat atau biru lembut, tapi ceria," kata Barone.

Hal ini datang dari kemauan untuk mengeksplorasi warna dan mengekspresikan kepribadian di rumah.  

Putih dan abu-abu 

Selanjutnya, warna cat yang bakal ditinggalkan pada 2024 adalah putih dan abu-abu. 

Joa Studholme, kurator warna untuk Farrow & Ball, menjelaskan selama beberapa tahun terakhir, kita telah melihat peralihan dari warna-warna dingin, seperti abu-abu pucat dan putih pucat, beralih ke warna pelangi yang kaya sebagai respons terhadap berbagai pengaruh global. 

Barone juga memperhatikan peralihan ke warna-warna yang lebih nyaman dan hangat yang dikenal karena kualitasnya yang menenangkan serta ramah bertujuan menciptakan rumah yang menarik.

Seperti halnya tren apa pun, terutama dalam hal menciptakan percikan warna, tetap menggunakan nuansa warna yang Anda sukai—daripada mengikuti prakiraan tren tanpa tujuan—akan memastikan Anda terus memberikan pesona abadi pada ruangan.  

Nada tengah adalah cara terbaik mengikuti tren warna cat yang lebih ekspresif dengan cara halus. “Mid-tone adalah warna-warna medium yang tidak terlalu terang atau gelap,” imbuh Barone.

Dia merekomendasikan menemukan warna-warna, seperti Color of the Year karya Benjamin Moore, Blue Nova, yang daya tariknya terletak pada nuansa warnanya yang membengkok, dalam hal ini, perpaduan warna ungu dan biru yang menarik.  

Warna hijau 

Tren warna cat yang bakal ditinggalkan pada 2024 adalah hijau. Hijau telah menjadi warna dominan selama beberapa tahun terakhir karena terinspirasi dari alam.

Namun, tren warna cat 2024 mengambil arah yang lebih bahari. "Peralihan dari warna hijau menjadi warna yang terinspirasi dari alam ke warna biru yang mulai mengambil alih," ucao Wadden.

Pakar warna cat mengatakan pergeseran ini kemungkinan besar akan membuat estetika pesisir menjadi tren desain utama pada 2024. “Tidak ada yang lebih menarik dari gaya pesisir selain kombinasi warna putih dan biru,” tambah Wadden. 

Trim serba putih 

Terakhir, tren warna cat yang bakal ditinggalkan pada 2024 adalah trim serba putih.

“Penggunaan warna putih pada trim pasti akan berkurang karena orang terus bereksperimen dengan kombinasi warna dan senang dengan kesan kombinasi tak terduga ini,” kata Studholme.

Warna yang lebih gelap pada trim akan menjadi hal biasa untuk menciptakan ruang yang lebih besar dan tampak lebih terang sehingga memberikan kesan ruangan yang lebih baik. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/11/152049876/5-warna-cat-yang-bakal-ditinggalkan-pada-2024

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke