Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Ukuran Ruang Tamu Berdasarkan Luas Rumah

Untuk menata area tersebut agar memiliki ruang yang cukup untuk semua tamu, Anda harus mempertimbangkan bagaimana ukuran ruang tamu dengan ukuran rata-rata. 

Rata-rata ukuran ruang tamu di Amerika Serikat (AS) berukuran lebar 3,6 meter dan panjang 5,4 meter yang setara dengan sekitar 20 meter persegi. Ukuran ruang tamu ini dapat menampung enam hingga 10 orang dengan nyaman.

Dengan mengetahui ukuran rata-rata dan dimensi ruang tamu, Anda dapat menciptakan ruang yang nyaman dan fungsional yang cocok untuk rumah serta tamu.

Nah, dilansir dari The Spruce, Minggu (17/12/2023), berikut sejumlah ukuran ruang tamu berdasarkan luas rumah ditambah tips fungsional tentang cara mendekorasinya.

Ruang tamu kecil

Ukuran ruang tamu kecil di AS memiliki ukuran rata-rata 3 x 3,9 meter atau sekitar 12 meter persegi.

Ruang tamu kecil dengan dimensi ini dapat menampung dua hingga tiga orang dengan nyaman, tergantung pada konfigurasi ruangan dan tempat duduk yang tersedia pada furnitur Anda

Untuk mengosongkan ruangan di ruang tamu kecil, berpikirlah secara vertikal. Coba pasang TV Anda atau gunakan rak apung untuk penyimpanan. 

Ruang tamu berukuran sedang

Ukuran ruang tamu sedang di AS rata-rata 3,6 x 5,4 meter atau 20 meter persegi dengan ruang yang cukup untuk menampuk setidaknya enam orang.

Kategori ruang tamu berukuran sedang bisa jadi agak ambigu karena ada berbagai ukuran untuk ukuran ruang tamu ini.

Namun, paling sering ukuran ruang tamu sedang cocok untuk rumah dengan luas antara 139-185 meter persegi.

Ukuran ruang tamu rata-rata untuk rumah ini berukuran 15 x 20 kaki, atau 300 kaki persegi. Beberapa rumah besar memiliki ukuran ruang tamu berukuran 20 x 20 kaki, yang setara dengan 400 kaki persegi. 

Cara menata ruang tamu berukuran berapapun

Berapa pun ukuran ruang tamu, Anda bisa mendekorasinya untuk memiliki ruangan yang memukau yang sepenuhnya menyampaikan kepribadian dan estetika Anda.

Kunci memaksimalkan desain di ruang tamu mana pun adalah menggunakan area tersebut dengan bijak dan memilih perabotan secara strategis sambil mengingat kebutuhan, seperti tempat penyimpanan.  Nah, berikut cara menata ruang tamu 

  • Ciptakan titik fokus

Setiap ruang tamu memiliki titik fokus yang dimulai dengan sofa (atau bagian). Ini adalah perabot yang diperlukan untuk tempat duduk, kenyamanan, dan gaya. 

Artinya, perabot tersebut adalah bagian pertama yang harus dipertimbangkan saat menata ruang tamu.

Pilih perabot yang sesuai dengan warna dinding dan palet warna estetika Anda. Jika dinding berwarna lebih terang dan ingin menambahkan warna pop, pilih warna berani untuk segera menarik perhatian ke tengah ruangan.

Dinding yang lebih terang juga dapat dipasangkan dengan sofa lebih terang, terutama jika Anda menyukai rumah pertanian atau estetika modern.  

Memasukkan tekstur ke ruang tamu mana pun mungkin tampak seperti tugas bagi para profesional, tetapi sebenarnya, ini lebih mudah daripada yang Anda pikirkan.

Melapisi tekstur di ruangan adalah tentang memilih berbagai tekstil sehingga ruangan memiliki tampilan datar. Memiliki campuran bahan dan sentuhan akhir akan meningkatkan daya tarik ruangan agar terasa lengkap.

Jika sebagian besar furnitur terbuat dari kayu, pilih dekorasi seperti batu atau selimut rajut tebal untuk menambah keseimbangan serta lebih banyak lapisan tekstur.

Linen adalah tekstur pelapis yang bagus untuk dipasangkan dengan kaki furnitur kayu atau pilih tirai untuk memberikan kelembutan pada bahan yang lebih keras. 

  • Mempersonalisasi dekorasi dan seni dinding

Bagian yang menyenangkan dalam mendekorasi dan menata ruang tamu ukuran apa pun adalah memilih bagian yang sesuai dengan Anda.

Memanfaatkan ruang dinding adalah suatu keharusan. Tidak hanya menggantung dekorasi dan seni dinding yang menunjukkan kepribadian dan gaya Anda, tetapi juga membantu menyerap ruang yang tidak terpakai.

Dinding memiliki banyak area permukaan untuk dimainkan, jadi bersenang-senanglah berbelanja karya seni, bingkai foto dinding yang sempurna untuk memamerkan keluarga Anda, atau barang-barang yang lebih kecil untuk diletakkan di rak-rak apung untuk menambah kehidupan dan karakter pada rumah Anda. 

  • Bermain dengan pencahayaan

Pencahayaan sebenarnya adalah dekorasi, terutama jika dalam bentuk pencahayaan yang mencolok atau cahaya alami.

Cahaya alami mencerahkan ruang tamu untuk menciptakan kesan lapang serta berfungsi sebagai dekorasi jika Anda memiliki pemandangan luar yang menakjubkan.

Dengan membawa lebih banyak pencahayaan alami ke ruang tamu, bisa membuat ruangan terasa segar dan mengundang, yang meningkatkan suasana ruangan.

Pencahayaan yang mencolok di ruang tamu adalah cara lain yang bisa dipertimbangkan jika pilihan untuk pencahayaan alami tidak tersedia.

Lampu meja untuk meja akhir dan lampu plafon adalah bagian fungsional dari setiap ruang tamu. Jadi, pilihlah yang membuat pernyataan dan sesuai dengan estetika Anda.

Alih-alih memilih kipas angin plafon, carilah lampu gantung atau lampu gantung yang lucu dengan garis-garis bersih dan lapisan kuningan atau emas untuk sentuhan modern yang apik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/17/081500276/catat-ini-ukuran-ruang-tamu-berdasarkan-luas-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke