Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tanaman Sukulen yang Dapat Tumbuh dalam Cahaya Minim

Ada beberapa sukulen yang dapat tumbuh tanpa cahaya terang atau sedikit cahaya alami. Tanaman sukulen mungkin tidak berkembang atau tumbuh secepat dalam cahaya parsial atau terang, tapi dapat bertahan.

Kebanyakan sukulen tidak toleran terhadap kekeringan. Artinya, Anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering sehingga perawatannya cukup mudah setelahmengetahui kebutuhannya. 

Bisakah sukulen tumbuh dalam cahaya rendah?

Tanaman sukulen dapat tumbuh dalam kondisi cahaya redup meski tidak tumbuh sebanyak dalam cahaya terang dan tidak langsung.

Sukulen tidak dapat tumbuh dalam kegelapan total, jadi cobalah mencari setidaknya tempat yang teduh sebagian.

Tanaman sukulen jenis merambat mulai tumbuh panjang saat mencari matahari, tetapi Anda dapat memangkas dan memperbanyaknya untuk memperbaiki tampilannya. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Minggu (16/12/2023), berikut sejumlah tanaman sukulen yang dapat tumbuh dalam cahaya minim.  

Ini akan baik-baik saja dalam cahaya redup, namun jika Anda ingin membuatnya lebih besar, Anda harus memberinya sedikit cahaya. 

Tanaman giok

Selanjutnya, tanaman sukulen yang dapat tumbuh dalam cahaya minim adalah tanaman giok atau jade plant. Tanaman hias yang konon membawa keberuntungan bagi pemiliknya ini memiliki batang yang tebal berkayu serta daun montok berwarna hijau mengkilap.

Karena daunnya yang montok (penuh air), Anda tidak perlu terlalu sering memberi menyiram tanaman giok ini.

Kaktus Natal

Tanaman cantik ini memiliki bunga jika dirawat dengan benar. Sirami saat lima sentimeter bagian atas tanah kering dan simpan di tempat teduh sebagian agar warna cerahnya tidak memudar.

Di iklim yang tepat, tanaman kaktus Natal dapat dipindahkan ke luar selama musim panas. 

Tanaman merambat bisa tumbuh sangat panjang dan bisa disampirkan di batang tirai atau di rak. Letakkan setinggi yang Anda bisa dan saksikan tanaman string of hearts merambat menuju lantai.  

Tanaman zebra

Tanaman cantik ini mendapatkan namanya dari daun runcing bergaris putih dan hijau yang menyerupai zebra.

Tanaman zebra adalah tanaman sukulen yang dapat beradaptasi dengan hampir semua kondisi pertumbuhan, menjadikannya pilihan sangat baik untuk area dengan cahaya redup. 

Kaktus mistletoe

Tanaman sukulen yang dapat tumbuh dalam cahaya minim berikutnya adalah kaktus mistletoe. Batang kaktus mistletoe sangat halus dan terlihat cantik di keranjang atau rak tinggi.

Kaktus ini memiliki daun yang seperti tali dan tumbuh semakin panjang seiring waktu. 

Jika melihat tidak ada pertumbuhan, tanaman ZZ akan bertahan hidup sejauh mungkin dari jendela. 

Ponytail palm 

Kebanyakan orang akan terkejut mengetahui bahwa ponytail palm termasuk sukulen. Tanaman hias yang terlihat unik ini mendapatkan namanya dari daunnya yang panjang dan terlihat seperti ekor kuda.

Batangnya yang besar menyimpan air sehingga tidak perlu terlalu sering menyiramnya.

Lidah mertua

Terakhir, tanaman sukulen yang dapat tumbuh dalam cahaya minim adalah lidah mertua. Namun, hanya sedikit orang yang tahu bahwa lidah mertua sebenarnya sukulen.

Tanaman lidah mertua sangat sulit dibunuh. Ada lusinan spesies tanaman lidah mertua dalam genus Dracaena dengan pola dedaunan berbeda-beda, tapi ada satu hal yang tetap sama—tanaman ini akan tumbuh subur jika dibiarkan begitu saja.

Akan tetapi, tanaman lidah mertua dapat mati jika menyiramnya secara berlebihan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/16/084410376/9-tanaman-sukulen-yang-dapat-tumbuh-dalam-cahaya-minim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke