Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Penyebab Ujung Tanaman Laba-laba Berubah Kecoklatan

Namun, tanaman laba-laba tidak kebal terhadap masalah. Salah satu masalah yang sering menyerang tanaman laba-laba adalah ujung daun berubah menjadi coklat.  

Tentu saja, kondisi ini dapat merusak tampilan spider plant dan membuat sedih. Untungnya,  masalah ini sama sekali tidak mematikan tanaman. 

Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Jumat (8/12/2023), berikut sejumlah penyebab ujung daun tanaman laba-laba kecoklatan dan cara membuatnya kembali sehat dalam waktu singkat.

Holly Crossley, ahli tanaman hias, mengatakan hal ini dikenal sebagai "ujung terbakar" dan sering kali disebabkan lingkungan yang kering, baik karena kelembapan yang kurang maupun tidak cukup menyiram tanaman. 

Anda bisa mengambil langkah-langkah meningkatkan kelembapan, seperti memposisikan ulang tanaman laba-laba untuk digunakan sebagai tanaman kamar mandi atau tanaman dapur.

Selain itu, menaruh spider plant di atas nampan berisi kerikil juga bisa dilakukan serta mengelompokkannya bersama tanaman yang menyukai kelembapan. Menyiram tanaman laba-laba secara teratur juga merupakan ide bagus.  

Menyiram tanaman secara berlebihan

Selanjutnya, penyebab ujung daun tanaman laba-laba kecoklatan adalah menyiramnya secara berlebihan. Pastikan mengetahui kapan harus menyiram tanaman laba-laba karena penyiraman berlebihan dapat menyebabkan ujungnya berwarna kecoklatan.

Alex Kantor, pakar tanaman dalam ruangan sekaligus. pemilik pembibitan Perfect Plants, mengatakan tanaman laba-laba biasanya hanya perlu disiram sekitar seminggu sekali.

Untuk memastikan menyirami tanaman laba-laba dengan cukup, pastikan sekitar 50-70 persen tanahnya kering di antara waktu penyiraman.  

Holly menyarankan sebaiknya menyiram tanaman laba-laba dari waktu ke waktu dengan air hujan atau air suling untuk memastikan air mengalir baik ke dasar pot.

Secara umum, tanaman laba-laba lebih suka disiram dengan air hujan daripada air keran. Jadi, menyimpan tong hujan untuk memanen air hujan bermanfaat untuk digunakan pada tanaman di dalam ruangan serta halaman belakang.

Selain itu, bisa menyiram tanaman dengan air suling, yakni air dari ketel yang sebelumnya telah direbus dan didinginkan. 

Terlalu banyak pupuk 

Holly menjelaskan memupuk tanaman laba-laba dapat membuatnya tumbuh lebih cepat dan kuat. Namun, seperti yang sering terjadi, terlalu banyak hal baik bisa merugikan.

Pemupukan berlebihan dapat menyebabkan ujung tanaman laba-laba berwarna coklat. "Beri tanaman pupuk dengan larutan yang diencerkan dan larut dalam air selama musim tanam saja atau musim panas."

Tergantung pada jenis pupuk yang digunakan, hal ini dapat dilakukan setiap dua minggu hingga tiga bulan sekali atau lebih.

Ikuti petunjuk pada label produk yang Anda pilih. Ingatlah: memberi pupuk yang kurang pada tanaman laba-laba lebih baik daripada berlebihan. 

Proses mengatasi masalah ini cukup sederhana. Holly menyarankan mengeluarkan tanaman dari pot secara perlahan dan menanamnya kembali di wadah baru yang sedikit lebih besar dengan kedalaman yang sama, di tanah pot yang baru.

"Karena tanaman ini cenderung cepat tumbuh, Anda mungkin perlu melakukan ini setiap tahun," ujar Holly.

Anda dapat memperbanyak tanaman laba-laba dengan cara membelah diri. Jadi, manfaatkan kesempatan ini saat merepotkan mereka jika ingin menambah koleksi tanaman di rumah secara gratis. 

Terpapar sinar matahari 

Terakhir, penyebab ujung daun tanaman laba-laba kecoklatan adalah terpapar sinar matahari. Salah satu hal yang membuat tanaman laba-laba menjadi tanaman hias yang populer adalah kenyataan bahwa dapat tumbuh subur dalam sebagian besar kondisi cahaya.

Tanaman laba-laba bekerja sebagai tanaman dalam ruangan dengan cahaya rendah serta duduk dengan senang hati di ruangan yang terang benderang.

Satu hal yang tidak dapat ditoleransi adalah sinar matahari langsung. Menyimpan tanaman laba-laba di bawah sinar matahari langsung dapat menghanguskan daunnya, yang berarti daunnya dapat mulai berubah warna menjadi coklat.

Jadi, sebaiknya pindahkan tanaman laba-laba dari jendela yang menghadap ke selatan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/08/130513376/6-penyebab-ujung-tanaman-laba-laba-berubah-kecoklatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke