Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Atap Rumah Bocor

Musim hujan sering kali membawa sejumlah permasalahan pada atap rumah. seperti mengalami kebocoran. Kebocoran atap adalah salah satu mimpi buruk terburuk yang bisa dihadapi pemilik rumah mana pun ketika musim hujan berlangsung.

Namun, sulit mengetahui seberapa parah kerusakan atap rumah saat pertama kali melihat kebocorannya. 

Namun, yang pasti atap rumah yang bocor harus segera diatasi. Pasalnya, semakin lama menunggu, semakin memperburuk masalah atau menambah banyak kerusakan yang terjadi. 

Memperbaiki atap bocor bisa memakan biaya besar, tapi penting mengetahui apa yang harus dilakukan agar dapat mengatasi masalah dengan cepat.

Nah, dilansir dari Roof Simple, Kamis (30/11/2023), berikut sejumlah hal yang harus dilakukan saat atap rumah bocor. 

Roof Simple adalah perusahaan atap dengan layanan lengkap yang berada di Amerika Serikat.  

Kebocoran yang terus-menerus dapat merusak karpet, furnitur, dan barang-barang lainnya serta mendorong pertumbuhan jamur dan lumut.

Kebocoran atap sudah lebih dari cukup membuat pusing dan kerusakan. Jadi, hindari lebih banyak kerusakan properti dengan membersihkan area tersebut sesegera mungkin.  

Kumpulkan airnya

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan saat atap rumah bocor adalah mengumpulkan air sebanyak yang Anda bisa.

Tempatkan ember, tempat sampah, handuk, kolam anak-anak, atau apa pun yang tersedia untuk menampung air. Cara ini juga bertujuan mengurangi kerusakan lebih lanjut pada lantai dan permukaan lainnya.

Kumpulkan lebih banyak wadah dan simpan di dekat Anda sehingga dapat menukar wadah yang terisi. 

Jika Anda tidak melubangi tonjolan tersebut, air yang terkumpul di plafon dapat menyebar lebih jauh atau pecah dengan sendirinya sehingga menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Kebocoran atap yang besar memerlukan beberapa kali tusukan. Ingatlah meletakkan ember atau wadah lain untuk menampung air di bawahnya.  

Hubungi perusahaan atap profesional 

Terakhir, hal yang harus dilakukan saat atap rumah bocor adalah menghubungi perusahaan atap profesional. Apakah air masih bocor atau sudah mengatasi gejalanya, masalahnya hanya akan bertambah buruk sampai ditangani.

Pembuatan atap membutuhkan keahlian profesional untuk memastikan keberhasilan proses perbaikan. Teknisi dapat mendiagnosis sumber kebocoran dan memperbaiki atau merekonstruksi atap yang rusak.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/30/104101476/5-hal-yang-harus-dilakukan-saat-atap-rumah-bocor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke