Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Bunga yang Dapat Tumbuh Subur dan Mekar pada Cuaca Dingin

Meski tanaman bunga musim dingin secara alami lebih banyak di iklim hangat dan sejuk, ada beberapa tanaman berbunga musim dingin yang cocok untuk berbagai zona tahan banting, bahkan tempat-tempat dengan musim dingin di bawah nol derajat.

Nah, dikutip dari The Spruce, Selasa (28/11/2023), berikut sejumlah tanaman bunga yang tumbuh subur dan mekar pada cuaca dingin.  

Bunga camelia memiliki daun gelap dan mengkilap serta bunga-bunga besar dan subur dengan berbagai macam warna sehingga sulit menentukan pilihan.

Camelia mekar selama beberapa minggu antara musim gugur dan awal musim semi. Sebagian besar camelia adalah kultivar Camellia japonica.

Aralia (Fatsia japonica)

Selanjutnya, tanaman bunga yang tumbuh subur dan mekar pada cuaca dingin ada;ah ara;ia/ Untuk pengaturan cahaya rendah, tanaman bunga dengan daun hijau besar ini adalah pilihan baik untuk iklim hangat.

Bunga-bunga putihnya pada akhir musim dingin diikuti buah beri hias berwarna hitam. Karena ini adalah tanaman tropis, aralia harus mendapatkan tempat yang terlindung bahkan di iklim yang hangat.

Ever Red (Loropetalum chinense 'Chang Nian Hong') adalah kultivar kompak dengan dedaunan merah anggur gelap dan bunga merah tua.

Bunga ini mekar sebentar-sebentar sepanjang tahun, tetapi mekarnya paling lebat pada akhir musim dingin hingga musim semi.  

Japanese pieris (Pieris japonica)

Tanaman bunga yang tumbuh subur dan mekar pada cuaca dingin berikutnya adalah Japanese pieris. Tanaman bunga ini berdaun lebar yang tahan dingin dengan daun hijau mengkilap dan kasar.

Japanese pieris memiliki bunga-bunga putih atau merah muda pucat yang mekar, yang muncul di semak pada akhir musim dingin atau awal musim semi. Bunga ini menyerupai bunga lily of the valley, tetapi tidak terlalu beraroma.

Sebagai gantinya, tanaman merambat (tergantung bagaimana Anda menanamnya) akan ditutupi dengan bunga-bunga kuning kecil pada akhir musim dingin sebelum tanaman  kembali tumbuh.  

Pansy (Viola x wittrockiana)

Di zona dengan musim dingin yang hangat atau sejuk, bunga pansy dapat ditanam sebagai tanaman dua tahunan. Pansy juga menjadi tanaman bunga yang tumbuh subur dan mekar pada cuaca dingin. 

Semua bunga pansy adalah hibrida dan pembiakan telah menghasilkan varietas yang lebih tahan dingin sehingga Anda dapat memperpanjang mekarnya hingga musim dingin.

Dengan kelopak berbentuk hati dengan warna-warna cerah atau dwiwarna, sering kali dengan tanda di tengahnya yang menyerupai wajah, bunga pansy sangat ideal mencerahkan hari-hari musim dingin yang kelabu.  

Alaska azalea (Azalea indica 'Alaska')

Terakhir, tanaman bunga yang tumbuh subur dan mekar pada cuaca dingin adalah Alaska azalea. Varietas azalea untuk iklim hangat ini memiliki bunga putih mencolok dengan bercak-bercak berwarna pink pada akhir musim dingin hingga awal musim semi.

Memiliki dedaunan yang lebat dan ukurannya yang ringkas, bunga Alaska azalea dapat ditanam sebagai tanaman di dalam pot dan kontainer

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/28/095700776/7-tanaman-bunga-yang-dapat-tumbuh-subur-dan-mekar-pada-cuaca-dingin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke