Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Jumlah Sinar Matahari yang Dibutuhkan Tanaman Tomat?

Sayangnya, terkadang beberapa buah tomat tetap hijau selama berminggu-minggu. Hal ini bisa jadi disebabkan tanama tomat tidak mendapatkan cukup sinar matahari. 

Sinar matahari berfungsi dalam dua cara di taman. Pertama, sinar matahari menyediakan energi yang dibutuhkan tanaman untuk mengambil dan memproses nutrisi.

Kedua, sinar matahari meningkatkan suhu tanah dan udara. Tanaman tomat membutuhkan banyak sinar matahari, minimal enam jam, melalui semua tahap pertumbuhan.

Ketika tomat tidak berubah menjadi merah, tanaman mungkin mendapatkan terlalu banyak sinar matahari. Lantas, berapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan tanaman tomat?

Nah, dilansir dari The Spruce, Sabtu (28/10/2023), berikut jumlah sinar matahari yang dibutuhkan tanaman tomat untuk memberikan pertumbuhan yang Anda inginkan. 

Pada tahap pertumbuhan awal, cahaya yang buruk dan suhu tinggi dapat menurunkan produksi bunga dan buah serta meningkatkan kerentanan terhadap penyakit jamur dan bercak daun serta serangan serangga.

Kemudian, cahaya yang tidak cukup akan menghasilkan tanaman tomat yang lemah, buah yang kecil, dan berkualitas buruk.

Selama perkembangan buah, terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan panen yang buruk dengan buah yang rentan terbakar sinar matahari, retak, serta pematangan tidak merata.  

  • Tahap vegetatif

Selama 30-45 hari pertama setelah transplantasi, tanaman tomat akan menumbuhkan tanaman merambat dan daun. Ini disebut tahap vegetatif dan mungkin sedikit lebih pendek atau lebih lama, tergantung pada varietas tomat. 

Tanaman tomat tumbuh cepat dan menggunakan banyak nutrisi. Karena nutrisi dikirim melalui fotosintesis yang bergantung pada energi dari cahaya, pada tahan vegetatif, jumlah sinar matahari yang dibutuhkan tanaman tomat lebih minimal enam jam sinar matahari langsung yang cerah selama pertumbuhan awal tanaman. 

Pada tahap ini, energi cahaya mendukung pembungaan dan pembentukan buah. Buah tomat kecil mulai terbentuk antara 70 dan 100 hari, tergantung pada varietasnya. 

Setidaknya, jumlah sinar matahari yang dibutuhkan tanaman tomat lebih pada tahap ini sekitar enam jam sudah cukup dan delapan jam dapat meningkatkan produksi buah.

Panas yang berlebihan mulai masuk ke perhitungan dan suhu di atas 29-32 derajat Celsius dapat mengurangi produksi bunga serta perkembangan buah tomat. 

  • Tahap pematangan

Suhu menjadi lebih penting selama fase pematangan sekitar 30 hari setelah buah tomat muncul. Likopen dan karoten adalah pigmen yang memberikan warna merah pada tomat.

Suhu ideal untuk pigmen berkembang adalah 21-23 derajat Celsius. Ketika suhu melebihi 29-32 derejat Celsius, produksi pigmen berkurang, bahkan mungkin berhenti.

Selama tahap pematangan, jumlah sinar matahari yang dibutuhkan tanaman tomat sebanyak enam hingga delapan jam untuk menjaga kesehatan tanaman, terutama dengan varietas tak tentu yang menghasilkan buah sepanjang musim. 

Pada siang hari, matahari mencapai puncaknya, titik tertinggi pada siang hari. Saat itulah, sinar matahari paling kuat, menghasilkan jumlah energi paling besar. 

Cahaya pagi hari sangat penting untuk tanaman tomat karena dapat mengeringkan embun, mengurangi kehilangan nutrisi melalui penguapan dan memulai fotosintesis.

Ketika matahari bergerak menuju zenith, lebih banyak energi diciptakan untuk mempercepat pertumbuhan. Lokasi yang menerima cahaya pertama menyediakan siklus pertumbuhan harian dengan pencahayaan  berkualitas.  

Mengapa tanaman tomat membutuhkan cahaya sore hari? 

Sinar matahari terus menjadi bahan bakar fotosintesis sepanjang siang hari sehingga paparan sinar matahari pada sore hari dapat memperpanjang energi harian dan siklus pertumbuhan sehingga memberikan tomat jumlah sinar matahari yang dibutuhkan.

Bagi petani di daerah dengan suhu harian rata-rata yang tinggi, tingkat panas pada siang hari, yang umumnya mencapai puncaknya antara pukul 14.00 dan 16.00, menjadi tantangan tersendiri.

Suhu di atas 29 derajat Celsius yang berkepanjangan dapat menyebabkan bunga rontok atau tanaman tomat gagal menghasilkan buah dan mengurangi pigmen yang dibutuhkan untuk pematangan.

Petani tomat di selatan memiliki keuntungan dari siang hari yang lebih panjang dan musim tanam yang lebih lama, tetapi perlu memperhitungkan suhu dan kelembapan lebih tinggi yang diakibatkan curah hujan yang lebih tinggi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/28/103500976/berapa-jumlah-sinar-matahari-yang-dibutuhkan-tanaman-tomat-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke