Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Mentimun Hidroponik, Bisa Dilakukan di Lahan Sempit

Teknik budidaya mentimun hidroponik sebenarnya tidak sulit, bahkan relatif sama dengan menanam sayuran lain.

Dilansir dari buku Dasar-dasar Bertanam Secara Hidroponik, Rabu (25/10/2023), berikut ini cara menanam mentimun hidroponik dengan mudah.

Persiapan benih

Benih timun bisa didapatkan dari toko pertanian terdekat. Pastikan membeli benih berkualitas dari varietas unggul.

Benih yang akan disemai perlu direndam terlebih dahulu selama 2 jam. Benih yang tenggelam merupakan benih unggul yang bisa disemai, sedangkan benih yang mengapung sebaiknya dibuang karena kualitasnya kurang baik.

Menyemai benih

Benih bisa disemai dalam rockwool. Potongan rockwool ditempatkan dalam gelas air mineral bekas. Kemudian basahi rockwool.

Setelah itu, buat lubang tanam dan letakkan biji atau benih timun dalam media semai tersebut. Letakkan persemaian di tempat yang sejuk dan tutup rockwool dengan plastik hitam agar kelembapannya terjaga.

Jika bibit sudah memiliki 3 sampai 4 tunas dan tingginya mencapai 3 cm, bibit sudah bisa dipindahkan ke media tanam.

Persiapan media tanam

Tanaman timun hidroponik memerlukan media tanam yang gembur dan subur. Beberapa jenis media tanam hidroponik yang bisa digunakan untuk menanam timun, antara lain; gambut, arang sekam, pasir, dan gabus.

Cara menanam timun hidroponik

Bibit timun ditempatkan ke dalam pot kecil yang sudah berisi media tanam. Kemudian, masukkan pot plastik kecil ke dalam pipa paralon yang sudah dilubang.

Perawatan tanaman

Agar tanaman tumbuh maksimal, maka tanaman timun perlu dirawat dengan maksimal. Setelah berumur 14 hari setelah tanam, amati kondisi tanaman.

Apabila terdapat tanaman yang mati atau pertumbuhan tidak normal, maka sebaiknya ganti dengan tanaman baru yang lebih baik.

Selain itu, lakukan juga penyiraman dengan metode tetes, namun jangan terlalu sering. Sementara itu, pemberian pupuk bisa dilakukan melalui lubang pipa paralon.

Cek kondisi nutrisi secara rutin dan pastikan nutrisi cukup untuk pertumbuhan tanaman.

Lakukan juga pengendalian hama dan penyakit menggunakan pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Sebagai tanaman merambat, penanaman timun juga memerlukan ajir. Anda bisa menggunakan bilah bambu sebagai ajir untuk tempat merambat tanaman.

Panen

Tanaman mentimun umumnya sudah bisa dipanen setelah berumur 75 hari setelah panen atau tergantung pada varietas yang ditanam dan perawatan yang dilakukan.

Cara panennya yaitu dengan memetik buah mentimun yang sudah cukup besar. Kemudian, tempatkan mentimun diletakkan dalam wadah bersih sebelum dikonsumsi atau dijual.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/25/215633976/cara-menanam-mentimun-hidroponik-bisa-dilakukan-di-lahan-sempit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke