Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Penyebab Anjing Australian Shepherd Bermata Biru, Berbahayakah?

Anjing Australian shepherd bermata biru terlihat sangat menawan dan membuat ras anjing yang lincah ini semakin menarik. 

Sebagai pencinta anjing, banyak dari kita yang bertanya-tanya mengapa anjing Australian shepherd bermata biru? 

Ada banyak alasan anjing Australian Shepherd memiliki mata biru. Biasanya, mata biru anjing Australian shepherd disebabkan gen merle. Namun, juga dapat dikaitkan dengan albinisme, warna bulu, atau heterochromia.

Jika Anda tertarik mempelajari tentang mata biru Australian shepherd, berikut sejumlah penyebab anjing Australian shepherd bermata biru disadur dari Bubbly Pet, Selasa (24/10/2023).  

Kurangnya pigmen menyebabkan cahaya memantulkan panjang gelombang biru sehingga membuat mata anjing AustraliansShepherd terlihat biru.

Dengan demikian, seekor Australian shepherd dapat memiliki mata biru jika mewarisi gen warna tertentu yang menghambat atau mengubah produksi melanin dalam tubuhnya.

Karena melanin biasanya ditemukan pada kulit, folikel rambut, hidung, dan mata anjing, melanin adalah salah satu penyebab utama yang mempengaruhi warna anjing. 

Memiliki gen merle

Selanjutnya, penyebab anjing Australian shepherd bermata biru karena memiliki gen marle. Ini adalah gen pigmentasi yang paling umum dikaitkan dengan mata biru.

Gen marle mengencerkan warna bulu dasar Australian shepherd sehingga menghasilkan warna bulu belang-belang.

Gen merle adalah gen yang kita lihat pada Australian shepherd merle biru dan merah. Demikian juga, gen merle menyebabkan hidung anjing Australian shepherd berwarna merah muda dan matanya biru.

Kasus heterochromia, suatu kondisi satu mata berwarna biru dan mata lainnya berwarna berbeda, juga terkait dengan gen merle.  

Hal ini karena warna bulu putih berarti Australian Shepherd tidak memproduksi melanin di sebagian besar bagian kepalanya karena interaksi gen warna tertentu, seperti gen bercak putih dan pengenceran.

Dengan demikian, warna matanya juga terpengaruh, terutama ketika area putih terkonsentrasi di sekitar mata. Hilangnya pigmen ini menjadi penyebab anjing Australian shepherd bermata biru. Kejadian serupa juga terjadi di dunia kucing.  

Albino

Albinisme atau albino juga dapat menyebabkan anjing Australian shepherd bemata biru. Berbeda dengan Australian shepherd yang sebagian besar memiliki kepala berwarna putih, Australian shepherd albino tidak dapat menghasilkan pigmen apa pun karena mutasi genetik.

Mutasi genetik ini menyebabkan kurangnya tirosinase, enzim yang bertanggung jawab  memproduksi melanin.

Akibatnya, anjing Australian shepherd albino tidak hanya memiliki kulit pucat, bulu putih, dan hidung merah muda, tetapi juga bermata biru.

Anjing Australian shepherd yang membawa gen ini dapat memiliki mata yang sebagian berwarna biru. Selain itu, dapat memiliki satu atau kedua mata berwarna biru. Namun, ini tergantung pada induk anjing.  

Apakah Australian shepherd bermata biru memiliki masalah kesehatan?

Anjing Australian shepherd bermata biru yang bukan albino atau merle tidak memiliki masalah kesehatan terkait dengan warna matanya.

Namun, anjing bermata biru ini mungkin mengalami sensitivitas terhadap cahaya. Sensitivitas cahaya terjadi pada anjing bermata biru karena kurangnya melanin yang berfungsi sebagai perlindungan dari cahaya yang keras.

Dengan demikian, anjing Australian shepherd bermata biru mungkin mengalami ketidaknyamanan saat terpapar sumber cahaya yang terang.

Namun terlepas dari itu, anjing ini dianggap sehat secara fisik dan memiliki temperamen yang sama dengan anjing Australian shepherd dengan warna mata lainnya, apa pun jenis kelaminnya. 

Di sisi lain, anjing Australian shepherd bermata biru albino dan merle berisiko mengalami lebih banyak masalah kesehatan.

Selain peka terhadap cahaya, Australian shepherd albino lebih rentan terhadap kelainan mata lainnya, seperti kelainan sklera dan iris, yang mengakibatkan gangguan penglihatan, bahkan kebutaan.

Selain itu, lebih rentan terhadap kanker kulit karena ketidakmampuan memproduksi melanin tidak hanya di mata, tetapi juga di kulit.

Sementara itu, Australian shepherd bermata biru merle, terutama merle ganda, lebih mungkin mengalami tuli dan kebutaan bawaan serta berisiko lebih tinggi mengalami mikroftalmia.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/24/084900076/5-penyebab-anjing-australian-shepherd-bermata-biru-berbahayakah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke