Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Membersihkan Debu yang Membuat Rumah Lebih Kotor

Membersihkan debu merupakan tugas pembersihan sederhana, tetapi tak jarang melakukan beberapa kesalahan yang malah membuat hunian justru terlihat lebih kotor dan berdebu alih-alih menciptakan rumah bersih serta bebas debu.  

Karena itu, penting mengetahui apa penyebab kesalahan-kesalahan tersebut, yang mungkin juga Anda lakukan tanpa menyadarinya.

Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (19/10/2023), berikut lima kesalahan membersihkan debu yang membuat rumah lebih kotor.

Kemoceng tidak dapat menghilangkan debu dengan efektif, melainkan justru menyebarkan debu ke udara dan hanya memindahkannya ke permukaan lain.

Debu yang tersebar di udara dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan. Selain itu, debu dapat membawa kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Sebagai solusinya, menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan debu karena memiliki serat sangat halus yang dapat menjebak debu dengan kuat.

Kain mikrofiber juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan halus tanpa menggoresnya. 

Menyedot debu sebelum membersihkannya 

Selanjutnya, kesalahan membersihkan debu yang membuat rumah lebih kotor adalah menyedot debu sebelum membersihkannya.

Padahal, ini adalah tindakan kurang efektif karena mengangkat debu dari permukaan serta menyebarkannya ke udara.

Debu yang tersebar di udara dapat jatuh kembali ke permukaan yang sudah dibersihkan sehingga membuat permukaan tersebut menjadi kotor lagi.

Cara yang benar adalah membersihkan debu terlebih dahulu, lalu menyedot debu untuk mencegah penyebaran debu di udara dan memastikan permukaan yang dibersihkan benar-benar bersih. 

Alat ini dapat membantu mencegah penyebaran debu di udara dan memastikan kualitas udara dalam ruangan tetap baik.

Air purifier yang memiliki filter HEPA adalah pilihan baik untuk menghilangkan debu. Filter HEPA dapat menangkap partikel debu sekecil 0,3 mikron.

Jika partikel debu tersebut masuk ke tubuh manusia, akan langsung masuk menuju paru-paru dan menyebabkan masalah kesehatan karena berukuran lebih kecil dari 10 mikron. 

Membersihkan debu terlalu cepat

Kesalahan membersihkan debu yang membuat rumah lebih kotor lainnya adalah melakukanya terlalu cepat. Hal ini dapat menyebabkan debu beterbangan dan menyebar ke udara yang bisa menimbulkan alergi atau asma.

Selain itu, gerakan kain atau kemoceng yang terlalu cepat dapat menyebabkan goresan mikro atau kerusakan pada permukaan halus. 

Membersihkan debu dari bawah 

Terakhir, kesalahan membersihkan debu yang membuat rumah lebih kotor adalah melakukannya dari bawah.

Debu adalah partikel kecil yang dapat berterbangan di udara. Jika membersihkan debu dengan memulainya dari bawah, debu yang sudah dibersihkan dapat berterbangan ke permukaan yang masih kotor.

Hal ini dapat menyebabkan debu menumpuk dan membuat rumah menjadi kotor. Untuk mencegah hal ini terjadi, penting memulai membersihkan debu dari permukaan atas sehingga debu yang sudah dibersihkan tidak akan berterbangan ke permukaan yang masih kotor.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/19/203000176/5-kesalahan-membersihkan-debu-yang-membuat-rumah-lebih-kotor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke