Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Tanaman Anggrek Beracun untuk Kucing?

Saking penasarannya, tak jarang, kucing menggigit dan memakan tanaman hias. Namun, perilaku kucing tersebut bisa berisko buruk pada sahabat bulu, bahkan mengancam nyawa.  

Pasalnya, American Animal Hospital Association (AAHA) mencantumkan tanaman sebagai salah satu racun hewan peliharaan yang paling umum. 

Ada sejumlah tanaman hias beracun untuk kucing dan anjing, beberapa di antaranya menjadi tanaman hias populer yang banyak ditanam di rumah. 

Anda mungkin bertanya-tanya apakah tanaman anggrek beracun untuk kucing? Atau justru merupakan tanaman hias yang ramah bagi hewan peliharaan?  

Untuk menjawab hal tersebut, berikut sejumlah tanaman angrek dan kucing peliharaan dilansir dari The Spruce, Jumat (13/10/2023). 

Masyarakat Amerika untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan atau ASPCA mendaftarkan genus anggrek Phalaenopsis yang populer sebagai anggrek yang tidak beracun bagi anjing dan kucing.

Namun, ada lebih dari 25 ribu varietas anggrek dalam keluarga Orchidaceae. Meski tidak ada laporan mengenai varietas yang sangat beracun bagi kucing jika tertelan, bukan berarti tidak ada kemungkinan spesies yang tidak biasa dan belum teruji atau hibrida dapat menjadi masalah.

Perlu dicatat, anggrek lady's slipper (Cypripedium spp.) diketahui dapat menyebabkan iritasi kulit ringan pada manusia, jadi hal yang sama mungkin berlaku untuk kucing.  

Tidak beracun, tetapi masih bermasalah

Meski tidak beracun bagi kucing, jangan biarkan sahabat bulu menyantap tanaman anggrek secara teratur. Hal ini karena menelan terlalu banyak vegetasi tidak baik untuk hewan karnivora obligat ini.

Memakan bagian mana pun dari anggrek atau tanaman lain dapat memicu gangguan perut dan muntah pada kucing. 

Risiko lainnya adalah kemungkinan adanya herbisida atau pestisida pada tanaman yang beracun bagi kucing. Anda tidak akan tahu pasti apa yang digunakan pemasok pada anggrek mereka.

Jika kucing peliharaan menyukai tanah pot, mungkin saja tanah tersebut mengandung pupuk kimia yang beracun. 

Apabila ragu, pindahkan tanaman anggrek ke dalam media pot yang baru menggunakan pupuk organik yang aman bagi hewan peliharaan, seperti emulsi ikan.  

Namun, penelitian menunjukkan hal ini biasanya tidak dipicu gangguan perut, tetapi merupakan perilaku naluriah kucing. 

Beberapa kucing mungkin tertarik pada rasa, aroma, atau kelopak bunga anggrek yang jatuh, dan kucing lainnya mungkin menggigitnya untuk bersenang-senang atau menghilangkan rasa bosan atau stres.  

Jika tanaman anggrek kehilangan banyak kelopak atau daun dan mencurigai kucing menelannya, pantau kondisi sahabat bulu dengan cermat.

Apabila kucing menunjukkan tanda-tanda gangguan pencernaan atau muntah, hal ini akan sembuh dalam waktu 24 jam tanpa bantuan dokter hewan.

Namun, jika muntahnya parah, tidak membaik setelah satu hari, atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti kesulitan bernapas, kejang, atau cara berjalan yang tidak stabil, segera membawa kucing ke doktet hewan.

Namun, jjangan pernah mencoba membuat kucing muntah, kecuali jika Anda mendapatkan instruksi khusus dari dokter hewan profesional.

Tawarkan pengayaan alternatif: Berinvestasi pada mainan yang menstimulasi dan pengumpan teka-teki dapat membantu ketika kucing peliharaan memakan tanaman karena bosan.

Buat tanaman sulit dijangkau kucing: Selanjutnya, cara mencegah kucing memakan tanaman anggrek adalah mejauhkan tanaman. Kucing adalah pemain akrobat andal, jadi meletakkan anggrek di rak tinggi mungkin tidak cukup dan bisa jadi kucing akan menjatuhkannya. 

Pertimbangkan meletakkan tanaman anggrek di tempat yang mendapatkan cahaya, tetapi kucing tidak bisa menjangkaunya. 

Berikan beberapa rumput kucing: Arahkan kucing peliharaan yang menyukai tanaman ke vegetasi lebih tepat setiap kali menunjukkan minat untuk merumput di kelopak anggrek.

Bantu kucing yang stres untuk rileks: Kucing mungkin mengunyah tanaman sebagai cara meredakan stres.

Jika merasa kucing peliahraan cemas, pertimbangkan memanggil ahli perilaku hewan peliharaan profesional untuk mencari tahu pemicu stres dan membantu sahabat bulu merasa lebih nyaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/13/071800376/apakah-tanaman-anggrek-beracun-untuk-kucing-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke