Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Langkah Mencairkan Bunga Es Freezer Tanpa Mematikannya Menurut Pakar

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga es di freezer merupakan hal yang sudah umum dan wajar terjadi. Bunga es terbentuk ketika uap air di udara mendingin dan mengembun di permukaan freezer.

Bunga es dapat menyebabkan freezer bekerja lebih keras sehingga konsumsi listrik juga akan meningkat. Selain itu, bunga es juga dapat membuat makanan di freezer menjadi tidak segar.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mencairkan bunga es di freezer secara berkala. Namun, sebagian orang banyak yang merasa malas karena berpikir harus mencabut kabel kulkasnya yang mana hal ini dapat merugikan penyimpanan yang ada di dalamnya.

Jika tidak ingin repot, Anda juga bisa membiarkan bunga es di freezer mencair dengan sendirinya, tetapi ini akan memakan waktu lebih lama yaitu sekitar 24 jam.

Jangan khawatir, sebab ada langkah mudah untuk mencairkan bunga es di freezer tanpa cabut kabel hanya dalam beberapa jam.

Dikutip dari Living Etc, Senin (25/9/2023), berikut adalah cara mencairkan bunga es di freezer tanpa mematikannya yang disetujui para ahli.

1. Kumpulkan bahan dan alat yang dibutuhkan

Joseph Melara, ahli desain interior dan pemilik Residential Brokers mengatakan bahwa pertama-tama Anda perlu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, yakni sebagai berikut. 

  • Pengikis atau spatula berbahan dasar plastik atau kayu.
  • Mangkuk atau wadah untuk menampung air panas dan menampung es yang mencair.
  • Handuk atau kain penyerap.
  • Hair dryer atau pengering rambut atau kipas angin.

Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan benda tajam atau logam apa pun yang dapat merusak freezer.

2. Siapkan freezer

Selanjutnya, persiapkan freezer untuk mencairkan bunga es dengan mengeluarkan semua isi freezer dan masukkan ke dalam pendingin atau kantong berinsulasi. Hal ini akan membantu menjaga makanan tetap beku selama proses pencairan.

Letakkan keset atau koran di lantai di sekitar freezer untuk menampung es yang mencair dan tetesan air. Anda bahkan mungkin perlu meletakkan kantong plastik di bawah keset untuk melindungi lantai.

Biarkan pintu freezer tetap terbuka agar udara hangat dapat bersirkulasi di dalam. Ini akan memungkinkan es mulai mencair.

Cukup menaikkan suhu freezer ke titik tertinggi. Lalu, letakkan beberapa handuk di bawah rak freezer untuk menyerap air yang mencair. Biarkan pintu freezer terbuka untuk membiarkan udara mengalir dan mencegah es yang mencair membeku kembali.

Ini akan membuat es mencair lebih cepat, tetapi Anda harus berhati-hati untuk tidak membiarkan makanan membeku kembali.

4. Gunakan air panas

Cara terbaik untuk mempercepat proses pencairan bunga es di freezer adalah dengan mengisi mangkuk dengan air panas dan memasukkannya ke dalam freezer. Uap dari air panas akan membantu mencairkan es secara bertahap.

Geetha Srinivasan, Pakar Kuliner dan Peralatan Dapur di Kitchenarena menyatakan, berikut adalah langkahnya.

Janille Mangat, Spesialis Pembersihan di VMAP Cleaning Services menuturkan, Anda juga dapat merendam handuk dalam air panas dan meletakkannya di atas bunga es yang menumpuk. Ganti dan panaskan kembali handuk sesuai kebutuhan Anda.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan air mendidih langsung di atas es, karena dapat merusak freezer.

5. Gunakan pengering rambut atau kipas angin

Pengering rambut atau kipas angin dapat digunakan untuk mempercepat proses pencairan freezer. Sebab, angin dari pengering rambut atau kipas angin akan membantu mencairkan es secara bertahap.


Prerna Jain, Pemilik Ministry Of Cleaning mengatakan, semprotkan angin dari pengering rambut atau letakkan kipas angin di luar freezer dan arahkan ke pintu yang terbuka. Lalu, letakkan handuk atau kain penyerap di dalam freezer untuk menampung es yang mencair.

Proses ini akan memakan waktu sekitar dua sampai tiga jam, tergantung pada seberapa banyak bunga es yang menumpuk.

6. Mengikis bunga es

Melara mengatakan, setelah es mulai melunak, Anda dapat menggunakan pengikis plastik atau spatula untuk mengeluarkannya secara perlahan dari dinding dan rak freezer.

Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan benda tajam atau logam apa pun, karena dapat merusak interior freezer, berikut adalah langkahnya.

  • Gunakan pengering rambut atau kipas angin untuk melelehkan es yang tersisa.
  • Gunakan pengikis atau spatula plastik untuk mengeluarkan es yang telah mencair.
  • Ganti handuk basah yang menyerap es yang mencair dengan handuk kering dan mangkuk tetesan kosong.

Proses ini mungkin memerlukan waktu, tergantung pada seberapa banyak bunga es yang menumpuk.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/25/114426176/6-langkah-mencairkan-bunga-es-freezer-tanpa-mematikannya-menurut-pakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke